Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Muhadjir Effendy (kanan) menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Menpora periode 2019-2023 Zainudin Amali (kedua dari kiri) atas pengabdian dan prestasinya selama memimpin Kemenpora di Wisma Kemenpora, Kamis 16 Maret 2023.
Nasional

Muhadjir Effendy Ditunjuk Jadi Plt Menpora, Berharap Tak Lama

  • Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, mendapat tugas baru sebagai pelaksana tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga.
Nasional
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, mendapat tugas baru sebagai pelaksana tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Dia mengisi posisi Zainudin Amali yang mengundurkan diri setelah terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. 

Serah terima jabatan dari Zainudin ke Muhadjir dilakukan di Wisma Kemenpora Jakarta, Kamis 16 Maret 2023.  Acara itu turut dihadiri pimpinan cabang olahraga, KONI, NOC Indonesia, KORMI, NPC Indonesia, SOIna, hingga ketua organisasi kepemudaaan. 

Dalam pidatonya, Muhadjir mengapresiasi kepemimpinan Zainudin Amali selama tiga setengah tahun di Kemenpora. Dia menyatakan siap mengemban amanah baru di kementerian tersebut. Meski demikian, Muhadjir berharap dia tak terlalu lama memegang posisi Plt Menpora. “Saya akan jadi Plt sampai hadir Menpora definitif. Mudah-mudahan tidak terlalu lama, semakin cepat semakin baik,” ujar Muhadjir dikutip dari Kemenpora.go.id, Kamis. 

Menurut Muhadjir, tugas sebagai Menko PMK sudah cukup menyita waktunya. Dia menyebut ada sejumlah program prioritas yang harus segera diselesaikan di sisa waktu setahun tujuh bulan ini. “Kemenko PMK itu mengurus orang miskin dan orang susah, jadinya urusannya banyak yang harus segera dituntaskan,” ujar tokoh Muhammadiyah tersebut. 

Sebagai informasi, Zainudin Amali menjabat sebagai Menpora sejak Oktober 2019. Politikus Golkar itu telah menjalani tugas kepemudaan dan keolahragaan selama kurang lebih tiga tahun empat bulan. Salah satu program signifikan yang sudah ditelurkannya yakni Desain Besar Olahraga Nasional. “Hari ini saya berakhir di Kemenpora, ini adalah ujung jalan perjalanan saya di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Selamat datang Prof. H. Muhadjir Effendy,” ujar Amali.