Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy
Nasional

Muhadjir: Sikap Indonesia Tidak Akan Berubah Soal Palestina

  • Muhadjir mengatakan sikap tersebut tidak akan berubah hingga Palestina menjadi negara yang berdaulat sebagai tujuan akhir dari hubungan kedua negara.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menegaskan sikap Indonesia tidak akan berubah dalam mendukung Palestina. Muhadjir mengatakan sikap tersebut tidak akan berubah hingga Palestina menjadi negara yang berdaulat sebagai tujuan akhir dari hubungan kedua negara. 

“Lobi dan diplomasi akan terus dilakukan oleh Pemerintah Indonesia kepada negara Islam yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel untuk menekan upaya gencatan senjata,” ujar Menko PMK, Muhadjir Effendy dalam keterangannya, dikutip dari Antara, Selasa 7 November 2023. Muhadjir juga menyebut dukungan itu salah satunya telah dilakukan dengan pengiriman paket bantuan menuju Palestina.

Bantuan seberat total 51 ton itu telah diberangkatkan sejak Sabtu, 4 November 2023 dan kini telah tiba di Mesir untuk selajutnya menunggu antrean didistribusikan di Gaza. Muhadjir juga menyebut bahwa Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI saat ini sedang dalam proses mengirimkan kapal kesehatan militer ke Gaza sebagai bentuk dukungan layanan kesehatan.

Selain memberikan dukungan kepada Palestina, Muhadjir juga menghimbau kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang memilih menetap di kawasan konflik tersebut untuk berhati-hati. Mereka memilih menetap untuk menjalankan misi kemanusiaan. Adapun yang berhasil dievakuasi telah berada di Mesir dan akan diterbangkan kembali ke Indonesia.

“Sebagian sekarang sudah ada di Mesir, tinggal menunggu perjalanan berikutnya ke Indonesia,” tuturnya. Dirinya juga mengungkapkan akan mengupayakan proses evakuasi bagi WNI yang berada di wilayah Gaza.

Tidak hanya Menko PMK, sebelumnya Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas telah mendapatkan perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk terus menyuarakan dukungan dan keberpihakan Pemerintah Indonesia kepada Palestina. 

Hal itu disampaikan Menag usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Senin 6 November 2023. Menag juga diutus Presiden untuk mencari alternatif bantuan lain yang dapat dikirimkan ke Palestina.

Menag menambahkan, Presiden menginginkan bantuan konkret untuk Palestina. Hal itu salah satunya dengan melakukan penggalangan dana umat. “Kami yang berada di Kementerian Agama diminta mencari alternatif untuk menggalang solidaritas umat,” ujar Yaqut. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri juga telah menyatakan sikap Indonesia terhadap konflik Palestina-Israel di Gaza. Presiden mengutuk keras serangan acak yang dilakukan Israel terhadap masyarakat sipil dan fasilitas sipil di Gaza. Indonesia bereaksi keras dan marah akan tindakan tersebut. Oleh karenanya, kekerasan yang terjadi harus dihentikan.

“Gencatan senjata harus terus diupayakan,” ucap Presiden Jokowi dalam penyataannya, dipantau secara daring melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden, Senin 30 Oktober 2023. Indonesia juga mendorong dan mengakselerasi bantuan kemanusiaan kepada warga di Gaza. “Indonesia berkomunikasi dengan banyak pihak untuk masalah ini,” ujar Presiden.