Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, meresmikan pengoperasian Kereta Api (KA) Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) / Dok. Kemenko Marves
Nasional

Mulai Besok, KA Bandara YIA Beroperasi Komersial dengan Tiket Rp10 Ribu

  • Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA) akan beroperasi secara komersial mulai besok, 17 September 2021.
Nasional
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA) akan beroperasi secara komersial mulai besok, 17 September 2021.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri mengatakan tarif tiket yang dikenakan sebesar Rp20.000 untuk rute Yogyakarta – Bandara YIA dan rute Wates – Bandara YIA. Sementara itu, tarif rute Yogyakarta – Wates sebesar Rp10.000.

KA Bandara YIA memiliki jadwal perjalanan 8 kali dalam satu hari, dengan rincian empat perjalanan dari Stasiun Yogyakarta dan empat perjalanan dari Bandara YIA.

“Masyarakat dapat membeli tiket KA bandara ini melalui aplikasi KAI Access atau ke loket pembelian langsung di Stasiun Yogyakarta, Wates, dan Stasiun KA Bandara YIA,” ungkap Zulkifri dalam keterangan tertulis, Kamis, 16 September 2021.

Dengan beroperasinya KA Bandara YIA, diyakini waktu tempuh lebih cepat ke Bandara YIA yaitu sekitar 40 menit dari Yogyakarta. Padahal, sebelumnya waktu yang dibutuhkan mencapai 1,5 jam bila menggunakan kendaraan mobil atau moda transportasi lainnya.

Tarif operasional ini diberlakukan setelah melalui serangkaian uji coba sejak 1 sampai 16 September 2021 dengan biaya gratis.

Zulfikri bilang, antusiasme masyarakat cukup tinggi, terlihat dari jumlah penumpang per 13 September mencapai 3.646 orang.

“Saya berharap, ke depan masyarakat Yogya dapat memanfaatkan KA Bandara YIA untuk mobilitas kegiatan harian lainnya.” ujar Zulfikri. 

Terlebih setelah PPKM diturunkan oleh pemerintah menjadi Level 3 di Yogyakarta, tercatat terjadi peningkatan jumlah penerbangan di Bandara YIA sebanyak 25 kali dengan jumlah penumpang mencapai 3.500 orang per hari.

“Layanan ini juga ditujukan untuk menyesuaikan periode kedatangan dan keberangkatan pesawat sehingga operasional KA Bandara lebih efektif,” tambahnya.