<p>Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mendorong agar pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat dapat selesai pada akhir tahun ini. (Foto: Kementerian PUPR)</p>
Nasional

Mulai Hari Ini Jalan Tol Serpong - Balaraja Seksi 1A Dibuka Gratis, Jangan Lupa Coba!

  • Jalan Tol Serpong - Balaraja seksi 1A mulai hari ini dibuka gratis untuk umum yang baru saja menjalani uji laik fungsi (ULF) dan uji laik operas (ULO) pada 22-24 Juni 2022.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Jalan Tol Serpong - Balaraja seksi 1A mulai hari ini dibuka gratis untuk umum yang baru saja menjalani uji laik fungsi (ULF) dan uji laik operas (ULO) pada 22-24 Juni 2022.

Dalam keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kamis, 10 Agustus 2022, Jalan Tol Serpong - Balaraja seksi 1A yang difungsionalkan secara umum dilaksanakan mulai hari ini pukul 06.00 WIB sampai 21 Agustus 2022 yang setelahnya diresmikan dan beroperasi sepenuhnya.

Jalan Tol Serpong - Balaraja secara umum dibangun untuk menyediakan jalur alternatif dalam memperlancar distribusi pasokan komoditas. Serta meningkatkan perekonomian masyarakat di Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, dan Provinsi Banten.

Kemudian, secara keseluruhan Jalan Tol Serpong - Balaraja yang dikelola Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Bumi Serbaraja terdiri dari tiga seksi, seksi 1 BSD - Legok sepanjang 11,3 kilometer (km), seksi 2 Legok - Tigaraksa Selatan 10,7 km, dan seksi III Tigaraksa Selatan - Balaraja 17,8 km.

Sedangkan untuk Seksi 1A memiliki panjang 5,15 km terhubung dari Serpong hingga Simpang Susun (SS) CBD.

Progres terkini jalan tol yang segera beroperasi telah dipasang beberapa petunjuk jalan, pembatas jalan, lampu penerangan, tanda jalan, hingga mesin transaksi non tunai, dan portal pembatas kendaraan di gerbang tol.

Nantinya jalan tol ini akan terkoneksi dengan jalan tol lainnya seperti Jalan Tol Serpong - Ulujami yang terkoneksi dengan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 dan JORR 2.

Selain itu, Jalan Tol Serpong - Balaraja akan mendukung pameran otomotif terbesar di Indonesia yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City.