Ilustrasi kapal feri yang dikelola ASDP
Transportasi dan Logistik

Mulai Hari Ini, Tiket Kapal Ferry ASDP Bisa Dibeli di Tiket.com

  • Menyambut liburan akhir Tahun periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/2024), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) resmi menjalin kolaborasi dengan Tiket.com
Transportasi dan Logistik
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - Menyambut liburan akhir Tahun periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/2024), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) resmi menjalin kolaborasi dengan Tiket.com.

ASDP menjalin kerja sama strategis dengan Tiket.com untuk penjualan tiket ferry dan kampanye merek serta menegaskan komitmen ASDP dalam memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. 

Layanan tersebut akan tersedia bagi pengguna jasa mulai Senin, 11 Desember 2023 dan diharapkan dapat memudahkan calon penumpang dalam membeli tiket ferry saat liburan Natal dan Tahun Baru yang akan segera dimulai.

Baca juga: ASDP Perkirakan Ada 3 Juta Penumpang Selama Nataru 2023/2024

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menjelaskan digitalisasi telah menjadi pilar utama dalam inisiatif transformasi ASDP dengan fokus utama yaitu penerapan teknologi dalam layanan terutama dalam pembelian tiket ferry secara online. 

Shelvy menyebut kerjasama dengan Tiket.com bertujuan untuk mengeksplorasi peluang cross-selling antara produk Tiket.com dengan layanan ferry, seperti asuransi, layanan penjemputan di pelabuhan, dan lainnya. 

Langkah tersebut sesuai dengan arahan Kementerian Perhubungan yang mendorong ASDP untuk meningkatkan penjualan tiket secara online. Kerjasama tersebut juga didukung oleh YLKI, Kementerian Perhubungan, serta menjawab beberapa masukan dan kebutuhan pengguna jasa penyeberangan.

"Apalagi, gaya hidup masyarakat saat ini lebih suka memanfaatkan layanan transaksi secara daring. Masyarakat akan semakin mudah, cepat, dan aman dalam mendapatkan tiket ferry dan berkesempatan mendapatkan berbagai promo dari Tiket.com," kata Shelvy dikutip dari keterangan resmi, Senin 11 Desember 2023.

Shelvy berharap kolaborasi antara ASDP dan Tiket.com mampu menghasilkan pengalaman yang baik serta dapat meningkatkan kepuasan pengguna jasa dalam menggunakan moda transportasi ferry

Pada tahap awal, kolaborasi ini akan diterapkan di empat pelabuhan utama ASDP yaitu Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk. Langkah tersebut bertujuan memperluas distribusi penjualan tiket ferry, memberikan lebih banyak opsi pembelian, serta meningkatkan akses informasi bagi pelanggan.

Kemitraan dengan Tiket.com memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi tentang jadwal, harga, dan fasilitas ferry ASDP, selain dari platform pemesanan tiket lainnya, Ferizy. Harapannya, kerja sama tersebut akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat dengan memudahkan pembelian tiket penyeberangan secara lebih mudah dan cepat.

Shelvy kembali mengimbau kepada pengguna jasa agar wajib membeli tiket maksimal H-1 keberangkatan. Hal tersebut mengingat saat ini ASDP sudah tidak melayani penjualan tiket di pelabuhan. Shelvy mengingatkan tiket ferry juga sudah dapat dibeli sejak H-60 sebelum keberangkatan. 

"Kepada seluruh pengguna jasa yang akan melakukan perjalanan pada periode Libur Natal dan Tahun Baru khususnya di lintas utama Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, agar persiapkan perjalanan dari jauh hari karena penjualan tiket telah dibuka sejak H-60. Pastikan membeli tiket penyeberangan secara mandiri dari sekarang melalui aplikasi Ferizy," kata Shelvy.

Selain itu, Shelvy juga mengimbau para calon penumpang untuk tidak membeli tiket ferry melalui jasa calo.