<p>Deretan mobil yang akan di ekspor di Site PT Indonesia Kendaraan Terminal, Sindang Laut, Kali Baru, Cilincing, Jakarta Utara. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Mulai Pulih, Suzuki Indomobil Ekspor 5.132 Unit Mobil Agustus 2020

  • JAKARTA – Anak usaha PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS), lewat PT Suzuki Indomobil Indonesia, berhasil mengapalkan 5.132 unit mobil selama Agustus 2020. Assistant Dept Head Production Planning Control PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Aris Yuliyantoro mengatakan ekspor tersebut dalam bentuk utuh atau completely built up (CBU) maupun completely knock down (CKD). Dari total ekspor […]

Industri
Sukirno

Sukirno

Author

JAKARTA – Anak usaha PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS), lewat PT Suzuki Indomobil Indonesia, berhasil mengapalkan 5.132 unit mobil selama Agustus 2020.

Assistant Dept Head Production Planning Control PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Aris Yuliyantoro mengatakan ekspor tersebut dalam bentuk utuh atau completely built up (CBU) maupun completely knock down (CKD).

Dari total ekspor tersebut, All New Ertiga menyumbang kontribusi kedua terbesar setelah XL7. Jumlah ekspor All New Ertiga sebanyak 1.007 unit CBU dan 780 unit CKD.

“Meski pasar otomotif di beberapa negara termasuk Indonesia masih berjuang di tahun ini akibat pandemi, namun ekspor Suzuki sudah mulai pulih dan mencatatkan angka positif,” kata dia dalam siaran pers, Kamis, 24 September 2020.

Menurut dia, All New Ertiga menjadi produk ekspor unggulan Suzuki Indonesia ke pasar Meksiko. All New Ertiga menyumbang 55% atau 591 unit dari total pengapalan bulan Agustus sebanyak 1.071 unit dalam bentuk CBU.

“Kalau di segmen SUV kami ada XL7, di segmen MPV angka ekspor kami masih didominasi oleh All New Ertiga. Bahkan selama Januari–Agustus 2020, All New Ertiga menjadi model dengan kontribusi ekspor tertinggi yaitu 49 persen,” kata Aris.

Laris Manis di Meksiko

Ertiga berhasil diekspor ke Meksiko sebanyak 591 unit pada Agustus 2020. Penjualan All New Ertiga di Meksiko juga tumbuh positif dan berhasil terjual 452 unit.

Angka itu membawa All New Ertiga meraih 22% pangsa pasar penjualan ritel MPV di Meksiko pada Agustus.

“Positifnya angka ekspor Suzuki All New Ertiga dan model Suzuki lainnya membuktikan bahwa produk-produk buatan Indonesia diterima dengan baik oleh dunia internasional,” kata dia.

“Hal ini memotivasi kami untuk selalu berinovasi menghadirkan produk dengan kualitas berstandar internasional. Serta terus meningkatkan volume dan pasar ekspor sebagai upaya membantu pemerintah untuk memulihkan kembali ekonomi dan pasar otomotif Indonesia,” tutup Aris. (SKO)