<p>Manajemen emiten Grup Lippo, PT Multipolar Tbk (MLPL) saat RUPS / Dok. Perseroan</p>
Korporasi

Multipolar (MLPL) Rilis Exchangeable Rights Rp716,15 Miliar kepada Investor Jepang

  • Emiten investasi milik Grup Lippo, PT Multipolar Tbk (MLPL) menerbitkan instrumen yang dapat dikonversi menjadi saham alias exchangeable rights (ER) senilai US$50 juta atau setara Rp716,15 miliar (kurs jisdor Rp14.323).
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten investasi milik Grup Lippo, PT Multipolar Tbk (MLPL) menerbitkan instrumen yang dapat dikonversi menjadi saham alias exchangeable rights (ER) senilai US$50 juta atau setara Rp716,15 miliar (kurs Jisdor Rp14.323 per dolar AS).

Sekretaris Perusahaan Multipolar, Natalie Lie mengatakan bahwa instrumen ini diberikan kepada Tokyo Century Corporation dalam perjanjian penyertaan atas instrumen yang diterbitkan oleh perseroan yang diteken pada 9 Desember 2021.

Ia menjelaskan, onstrumen ini memiliki tenor selama 3 tahun, yang dapat diperpanjang 1 tahun. Sedangkan, penyelesaian instrumen sendiri dapat dilakukan melalui konversi saham.

“Ketentuan mengenai saham, harga dan mekanisme pertukaran akan ditentukan dikemudian hari dengan kesepakatan antara kedua belah pihak,” ujarnya melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin, 13 Desember 2021.

Menurut Natalie, penerbitan instrumen ini akan menambah liabilitas perseroan. Sementara itu, kejadian, informasi dan fakta material tersebut di atas tidak berdampak secara negatif terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha MLPL.

Sebelumnya, perseroan mengumumkan rencananya untuk melaksanakan rights issue dengan menerbitkan sebanyak-banyaknya 3 miliar saham kelas C dengan nilai nominal Rp100 per saham. 

PT Inti Anugerah Pratama (IAP) disebut akan bertindak sebagai pembeli siaga (standby buyer) dalam aksi korporasi tersebut. IAP sendiri adalah pengendali MLPL dengan kepemilikan saham sebanyak 55,11% per 31 Oktober 2021.