<p>Museum Bank Indonesia (BI) meraih penghargaan Indonesia Museum Awards 2020 untuk kategori Museum Bersahabat. Acara yang digelar oleh Komunitas Jelajah (Jejak Langkah Sejarah) ini menilai BI aktif memberikan sosialisasi, terkait protokol kesehatan pencegahan COVID-19. / Jakartatourism.go.id</p>
Nasional & Dunia

Museum Bank Indonesia Dinilai Paling Bersahabat Saat Pandemi

  • JAKARTA – Museum Bank Indonesia (BI) meraih penghargaan Indonesia Museum Awards 2020 untuk kategori Museum Bersahabat. Acara yang digelar oleh Komunitas Jelajah (Jejak Langkah Sejarah) ini menilai BI aktif memberikan sosialisasi, terkait protokol kesehatan (Prokes) pencegahan COVID-19. “BI secara aktif mensosialisasikan protokol kesehatan melalui media sosial dan berbagai kegiatan,” ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin […]

Nasional & Dunia
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Museum Bank Indonesia (BI) meraih penghargaan Indonesia Museum Awards 2020 untuk kategori Museum Bersahabat. Acara yang digelar oleh Komunitas Jelajah (Jejak Langkah Sejarah) ini menilai BI aktif memberikan sosialisasi, terkait protokol kesehatan (Prokes) pencegahan COVID-19.

“BI secara aktif mensosialisasikan protokol kesehatan melalui media sosial dan berbagai kegiatan,” ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan tertulis yang dikutip TrenAsia.com, Senin, 14 Desember 2020.

Teknologi digital, lanjutnya, merupakan harapan bagi museum untuk tetap menampilkan koleksi yang dimilikinya kepada khayalak luas. Seperti diketahui, sebanyak 271 museum di Indonesia kembali aktif menyapa masyarakat melalui beragam platform, seperti Instagram, Facebook, Blog, YouTube, Twitter, Podcast dan TikTok.

Selain itu, di masa pandemi Museum BI tetap memberikan pelayanan dan edukasi secara daring. Menurut Erwin, literasi publik atas sejarah bangsa khususnya terkait dengan tugas dan kebijakan bank sentral harus terus disosialisaikan kepada masyarakat.

Mengusung tema Museum Connect: a Conjunction between Technology and Communications, museum diharapkan selalu hidup untuk menjaga dan melestarikan sejarah bangsa.

“Museum harus berjalan sebagai institusi memori kolektif yang menghubungkan satu generasi ke generasi berikutnya,” tambah Erwin.

Diketahui, sebelumnya Museum BI juga pernah memperoleh tiga penghargaan dari Indonesia Museum Awards. Kategori yang didapatkan, yakni Museum Pintar (2014) dan Museum Pemerintah Terbaik DKI Jakarta (2012 dan 2014).

Indonesia Museum Awards sendiri merupakan ajang tahunan, yang memberikan penghargaan kepada pengelola museum dan tokoh permuseuman di Tanah Air.

“Museum BI akan senantiasa memberikan edukasi yang komunikatif dan informatif kepada masyarakat, untuk mengenal dan mencintai sejarah bangsa dan tanah air,” kata Erwin.