Museum Rotterdam-reuters.jpg
Dunia

Museum di Belanda Pajang Koleksi Seni Tersembunyi di Gudang Kaca

  • Museum seni dan desain di Belanda, Boijmans Van Beuningen, membuka sebuah gudang kaca yang megah bernama “Depot”.
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

ROTTERDAM – Museum seni dan desain di Belanda, Boijmans Van Beuningen, membuka sebuah gudang kaca yang megah bernama “Depot” untuk memamerkan sebagian besar koleksi yang biasanya disimpan di bawah tanah, tersembunyi bagi khalayak umum.   

Walaupun sebagian besar museum hanya memiliki ruang untuk menampilkan sebagian kecil dari koleksinya, museum seni di Rotterdam ini telah mampu memamerkan 151.000 karya seni untuk publik di sebuah gudang baja berlapis kaca yang luas dan bertingkat.

Direktur Boijmans, Sjarrel Ex, mengatakan pada Reuters bahwa museum seni biasanya hanya menampilkan sebagian kecil dari koleksi mereka. Menurutnya, museum-museum itu menyembunyikan sekitar 93% karya yang dimiliki.

“Ada saat tertentu di mana hal-hal yang (tidak bisa) dilihat akan terlupakan,” kata Ex, menambahkan bahwa bangunan baru museum di Rotterdam itu mampu menampung lebih dari 60.000 pengunjung per tahun dalam tur dengan pemandu atau mengikuti rute yang ditentukan.

Depot yang menampilkan seni figuratif Belanda sejak awal Abad Pertengahan sampai abad 21 dan memiliki salah satu koleksi lukisan paling signifikan di dunia, menawarkan pengalaman yang sangat berbeda dari museum terkurasi biasa.

“Tidak ada penyuntingan sama sekali di depot ini,” kata Ex, menambahkan bahwa pengunjung dapat berkeliling semau mereka dan mengumpulkan informasi mengenai karya melalui aplikasi khusus atau memindai kode QR.

Rencana jangka panjang untuk membangun depot umum itu mendapat dorongan ekstra pada 2013 saat banjir mengancam koleksi museum di penyimpanan bawah tanah. Menurut Ex, mereka memutuskan bahwa karya-karya tersebut akan lebih aman dalam pengawasan keamanan di atas.