WhatsApp Image 2023-11-20 at 13.03.48.jpeg
Nasional

Musim Hujan Datang, Warga Kalibata City Kerja Bakti Bersihkan Lingkungan

  • Mereka membersihkan setiap sudut area di apartemen sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar menjelang datangnya musim hujan.

Nasional

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - Seluruh elemen warga Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan pada Minggu pagi 19  November  2023 menggelar kegiatan kerja bakti. Mereka membersihkan setiap sudut area di apartemen sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar menjelang datangnya musim hujan.

Tokoh masyarakat sekaligus Pembina Warga Cinta Kalibata City, Musdalifah Pangka mengatakan kegiatan kerja bakti tersebut menjadi wujud kekompakan warga, menjelang momentum pembentukan Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (PPPSRS) Apartemen Kalibata City.

“Senang sekali antusiasme warga luar biasa. Mulai dari penghuni, tenant, karyawan, petugas keamanan dan semua lapisan di Kalibata City berkumpul untuk mengikuti kerja bakti hari ini. Meskipun sifatnya imbauan, tetapi Warga Cinta Kalibata City bergerak langsung ke setiap sudut untuk dibersihkan,” kata Musdalifah.

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan di wilayah tinggal masing-masing demi menanggulangi banjir di musim penghujan melalui kerja bakti massal bertajuk ‘Bakti Kita Untuk Jakarta’.

Musdalifah menilai, kebersihan di lingkungan Apartemen Kalibata City sudah baik, yang artinya standard operating procedure (SOP) sudah dijalankan dengan baik oleh badan pengelola. Namun, kesadaran penghuni dan pengunjung akan kebersihan juga perlu ditingkatkan untuk menciptakan kenyamanan bersama.

“Krida kebersihan seperti kerja bakti ini dapat dilakukan secara rutin setiap bulannya, dengan semakin banyak warga yang terlibat, untuk kekompakan. Ayo semua bersatu. Kita sukseskan juga pembentukan P3SRS. Sama-sama kita bangun Kalibata City menjadi lebih damai, harmonis, beriman, layak dan patut dihuni,” ujar Musdalifah.

Endang Kurnia Hasyim, Ketua RT Tower Tulip sepakat jika program kerja bakti tersebut dilaksanakan secara rutin guna menggugah warga untuk berkumpul dan bersama-sama menjaga lingkungan, yang tidak hanya berkaitan dengan kebersihan, tetapi juga kerukunan dalam bertetangga.

Untuk menciptakan kerukunan, Endang menjelaskan bahwa pengurus RT di setiap tower sudah membentuk wadah untuk komunikasi antar warga. Selain itu, di Kalibata City juga dibangun komunitas-komunitas dari semua aspek, mulai dari basket, senam zumba, keagamaan, hingga bazar UMKM, posyandu, dan yang terbaru posbindu untuk lansia.

“Kerukunan membuat kita semakin solid. Dalam kehidupan bermasyarakat kita setiap hari berkomunikasi, bertegur sapa, sehingga meminimalisir masalah-masalah di kemudian hari. Kalau ingin masyarakat bahagia, sehat dan sejahtera kita mulai dari lingkungan. Itulah mengapa kita harus menjaga kerukunan,” kata Endang.

Budiman Ahmad Pakki, penghuni Tower Raffles yang turut serta dalam kerja bakti mengungkapkan bahwa tradisi yang baik ini perlu dilanjutkan karena dapat membangun suatu kesan kebersamaan dan rasa saling memiliki, sehingga semua warga akan ikut berpartisipasi memelihara lingkungan Kalibata City.

“Saya tinggal selama 10 tahun lebih. Hal-hal yang sering diberitakan tentang Kalibata City sekarang jauh berkurang. Kemudian yang kita lakukan hari ini adalah kegiatan-kegiatan yang sifatnya terkait kebersihan, dan itu salah satu parameter dari keberhasilan pengelola dalam mewujudkan kenyamanan bagi warga,” ucap Budiman.

Santi, pemilik unit Tower Lotus juga mengapresiasi kepengelolaan Kalibata City saat ini yang cepat tanggap dalam merespons segala keluhan warga, seperti kendala listrik atau air, termasuk kebersihan dan lainnya. “Padahal di sini ada puluhan ribu unit, tetapi kalau ada masalah, lapor ke yang berkewajiban pasti ditangani” imbuh Santi.

Oleh karena itu, Santi berharap, siapapun yang menjadi Ketua P3SRS nanti merupakan sosok yang memiliki pengalaman, kompeten dalam bidangnya, bersosialisasi, memprioritaskan kepentingan warga, dan mampu membawa Kalibata City lebih maju lagi dengan niat yang baik.