Pasca Kebakaran, TPA Sarimukti Akhirnya Dibuka Mulai 1 September
Nasional

Musim Kemarau Masih Melanda, Warga Diimbau Waspada Bencana Kebakaran

  • Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengimbau masyarakat agar waspada terhadap potensi bencana kebakaran terutama saat musim kemarau.
Nasional
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengimbau masyarakat agar waspada terhadap potensi bencana kebakaran terutama saat musim kemarau.

"Saya mengingatkan, kalau melihat data dan kejadian yang ada. Bencana kebakaran di Kota Bandung masuk kategori cukup tinggi," kata Ema di Balai Kota Bandung, seperti yang dikutip Trenasia pada Senin, 16 Oktober 2023.

Oleh karenanya, Ema menginstruksikan kepada aparat kewilayahan untuk terus mengedukasi masyarakat terkait mitigasi bencana kebakaran. Selain itu, ia meminta para lurah dan camat untuk memaksimalkan peran relawan di kewilayahan untuk melakukan langkah antisipatif terhadap potensi bencana kebakaran. 

Hal itu dapat dilakukan dengan terus mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dan antisipatif dan menghindari keteledoran yang mengakibatkan kebakaran. Masyarakat perlu melakukan hal itu karena saat ini Indonesia masih masuk dalam musim kemarau.

Ema juga meminta Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung untuk meningkatkan kewaspadaan terutama menghadapi potensi bencana lainnya dengan melakukan antisipasi apalagi dengan adanya terpaan angin yang lebih kencang.

Sebelumnya, Sekretaris Diskar PB Kota Bandung Iwan Rusmawan mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi kebakaran di tengah musim kemarau. Ia pun mengajak masyarakat untuk mengecek seluruh saluran-saluran listrik, charger atau pengisi daya, kompor, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, ia mengimbau masyarakat untuk menghindari membakar sampah saat terik matahari sebab cepat merambat. Selain itu, antisipasi alang-alang terbakar.

Iwan mengungkapkan, mayoritas kebakaran di Kota Bandung didominasi oleh korsleting listrik. Untuk itu, Ia mengimbau masyarakat untuk mengecek saluran listrik sebab memiliki masa waktu.

Warga Diminta Waspadai Kebakaran

Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Kebakaran (Diskar PB) Kota Bandung mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada bencana kebakaran. Apalagi, saat ini masih memasuki fase El Nino yang menyebabkan suhu udara lebih panas.

Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung, Yusuf Hidayat mengungkapkan, dalam kurun waktu Januari hingga September 2023 tercatat 223 kejadian kebakaran. 

Dibandingkan tahun 2022, kejadian kebakaran saat ini cukup tinggi. Pada tahun 2022, kejadian kebakaran berjumlah 195 kejadian.  Oleh karena itu, Yusuf mengimbau masyarakat memeriksa sejumlah hal yang berpotensi memicu terjadinya kebakaran.

"Yakinkan tempat tinggal itu aman. Secara umum gunakan listrik sesuai kapasitas. Matikan kompor, jangan tinggalkan kompor saat memasak. Lakukan pembersihan kompor secara berkala," bebernya. 

Menurutnya, hal kecil pun bisa menjadi penyebab kebakaran. Termasuk soal penanganan sampah.