Tol Pandaan Malang BUJT
Nasional

Musim Mudik, Ini Deretan Tol dengan Pemandangan Indah

  • Jalan tol menjadi alternatif akses yang digunakan masyarakat untuk mudik lebaran dan keseharian. Pasalnya melalu jalan tol pemudik bisa menghemat waktu tempuh dan banyak beragam fasilitas penunjang perjalanan.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Jalan tol menjadi alternatif akses yang digunakan masyarakat untuk mudik lebaran dan keseharian. Pasalnya melalu jalan tol pemudik bisa menghemat waktu tempuh dan banyak beragam fasilitas penunjang perjalanan.

Ternyata sejumlah ruas jalan disebut-sebut sebagai tol yang paling indah. Sebab, tol ini menawarkan pemandangan yang memanjakan mata. Lalu, di mana saja tol terindah tersebut? TrenAsia merangkumnya untuk Anda.

Tol Bawen-Salatiga

Tol pertama yang dicap sebagai salah satu tol terindah ialah Tol Bawen-Salatiga. Tol yang diresmikan pada 2017 lalu ini menawarkan pemandangan alam berupa perbukitan. Titik yang menawarkan pemandangan yang indah terlihat di Gerbang Tol Salatiga di mana akan tampak latar belakang Gunung Merbabu.

Tol Soreang-Pasir Koja

Kedua, Tol Soreang-Pasir Koja, pemandangan indah yang ditawarkan tol ini ialah pemandangan Gunung Tangkuban Perahu yang terlihat ketika cuaca cerah.

Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi)

Ketiga, Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) yang menawarkan pemandangan berupa area hijau yang cukup luas. Tol ini sendiri memiliki panjang 88 km.

Tol Jagorawi

Keempat, tol pertama di Indonesia yakni Tol Jagorawi. Tol yang dibangun pada tahun 1973 ini menghubungkan Jakarta-Bogor-Ciawi.

Tol Bali Mandara

Keenam, Tol Bali Mandara. Tol yang menghubungkan Benoa-Ngurah Rai-Nusa Dua ini menyuguhkan pemandangan berupa laut yang luas.

Tol Pandaan-Malang

Jalan Tol Pandaan-Malang yang merupakan bagian dari Jalan Tol Surabaya - Malang ini menjadi saah satu jalur yang memangkas waktu tempuh lebih cepat  menuju wisata daerah Malang Raya dan sekitarnya.

Jalan Tol Pandaan – Malang juga dirasakan menjadi salah satu Jalan Tol terindah yang menyuguhkan pemandangan alam yang cukup indah di kanan kiri jalan, terutama di rest areanya yang berhadapan langsung dengan Gunung Bromo dan Semeru di sisi timur ruas tol.

Jika dari arah Malang, disuguhkan pemandangan Gunung Arjuno di sisi barat, Gunung Kawi di sisi Barat Daya, Gunung Panderman di Kota Batu dan Gunung Penanggungan di wilayah Pandaan.