Nasional

Nadiem Makarim Beri Tanggapan Atas Butiran Rekomendasi dari Rembuk Komunitas

  • Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Makarim memberi tanggapan terkait adanya butir rekomendasi dari Komunitas Kami Pengajar, Komunitas Pemuda Pelajar Medeka, dan Komunitas Sidina.
Nasional
Desi Kurnia Damayanti

Desi Kurnia Damayanti

Author

JAKARTA – Rembuk Komunitas menggelar acara bertemakan ‘Bergerak Bersama Berdaya Bersama’ yang diharapkan bisa memperkuat dan mendukung implementasi Merdeka Belajar dalam terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia unggul.

Pada kesempatan tersebut, hadir Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim yang memberi tanggapan terkait adanya rekomendasi dari tiga komunitas tersebut.

Pertama, pendiri aplikasi Gojek ini mengucapkan terima kasih atas dukungannya untuk program-program yang dibuat oleh Kemendikbudristek. Kemudian, Nadiem menyampaikan bahwa keberadaan para komunitas ini memiliki peran yang sangat besar dalam transformasi sistem pendidikan. 

“Kemendikbudristek tidak bisa bekerja sendirian. Tanpa dukungan masyarakat, Merdeka Belajar tidak akan menjadi kebijakan dan gerakan yang benar-benar berdampak pada semua,” kata dia dalam acara Rembuk Komunitas yang digelar virtual, Selasa, 24 Mei 2022.

Menangapi butir rekomendasi yang disampaikan oleh Komunitas Kami Pengajar, Nadiem memastikan bahwa pihaknya akan terus menekankan kebijakan yang krusial atas peranan guru dalam upaya memperbaiki pendidikan.

“Atas dasar itulah Kemendibudristek mendorong para guru untuk mengikuti program pendidikan guru penggerak,” tambahnya.

Adapun upaya tersebut ialah dengan memanfaatkan platfrom digital Merdeka Belajar dan menerapkan kurikulum merdeka. Hal tersebut bisa terlaksana dengan mengedepankan kolaborasi dan sinergi antar sesama guru untuk saling bertukar gagasan dan bertukar praktik. Sehingga, upaya tersebut bisa menghasilkan suatu proses belajar yang bermakna dan relevan untuk para murid. 

Selanjutnya Nadiem menanggapi butiran rekomendasi dari Komunitas Pengajar untuk bisa mendorong sinergi antar komunitas guru, sekolah, dan pemerintah. Tidak hanya itu, dirinya juga mengatakan harus ada pelibatan komunitas mahasiswa dan alumni program kampus merdeka dalam implementasi merdeka belajar. 

“Saya berharap teman-teman pemuda pelajar merdeka bisa menjadi penggerak Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di kampusnya masing-masing. Jika ada teman yang belum ikut ajak mereka," tutur Nadiem.

Terakhir, Nadiem menangapi butiran rekomendasi dari orang tua dengan mengapresiasi setinggi-tingginya yang diberikan untuk para ibu yang menjadi bagian dari Komunitas Sidina. Bagi dia, ibu menjadi pengerak merdeka di kalangan orang tua. Melalui gerakan Merdeka Belajar, Nadiem akan melibatkan orang tua dalam proses belajar anak, khususnya yang berkaitan dengan pendidikan yang berkarakter.

Sebagai informasi tambahan, Rembuk Komunitas merupakan forum silaturahmi dan diskusi yang terdiri dari Komunitas Kami Pengajar, Komunitas Pemuda Pelajar Medeka, dan Komunitas Sidina.