Berapa Banyak Uang Tunai yang Harus Disimpan di Rumah?
Nasional

Naik 11 Persen, BI Siapkan Rp195 Triliun Uang Tunai Untuk Kebutuhan Lebaran Tahun 2023

  • Ditambahkan, BI juga akan menyediakan uang layak edar dalam jumlah yang cukup dan higienis serta layanan penukaran uang di seluruh Indonesia khusus periode Ramadan dan Idul Fitri 1444 H.
Nasional
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA - Bank Indonesia telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp195 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan transaksi masyarakat di bulan Ramadhan dan Idulfitri 1444 H. Jumlah tersebut naik 11% dari yang disediakan tahun sebelumnya sebesar Rp175,6 triliun.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan sejalan dengan langkah tersebut, BI juga menyiapkan sejumlah penguatan sistem pembayaran seperti memastikan ketersediaan dan kehandalan sistem pembayaran Bank Indonesia dan sistem pembayaran industri, termasuk memantau kehandalan sistem peserta dalam memberikan pelayanan transaksi sistem pembayaran.

Selain itu BI juga memastikan ketersediaan uang Rupiah dengan kualitas yang terjaga di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), khususnya dalam menyambut Ramadhan dan Idulfitri 1444 H melalui program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2023.

“Menyiapkan uang tunai sebesar Rp195 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan Ramadhan dan Indulfitri 1444 H,” kata Perry Kamis, 16 Maret 2023.

Ditambahkan, BI juga akan menyediakan uang layak edar dalam jumlah yang cukup dan higienis serta layanan penukaran uang di seluruh Indonesia khusus periode Ramadan dan Idul Fitri 1444 H.

Untuk layanan penukaran uang pada periode Ramadhan kali ini akan diperluas ke ribuan titik penukaran baik di wilayah Jabodebek maupun di luar wilayah Jabodebek yang dapat segera diperoleh masyarakat dalam beberapa waktu mendatang.

Selain itu, BI juga terus mendorong masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran secara nontunai. Antara lain QRIS, uang elektronik, BI-FAST, dan digital banking, yang dapat meminimalkan kontak fisik dalam bertransaksi.