Sejumlah calon penumpang memadati area check in counter Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Puncak kepadatan libur Nataru diperkirakan terjadi kemarin dan hari ini, 24 Desember 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Transportasi dan Logistik

Naik 15 Peringkat, Soeta Dinobatkan Jadi Bandara Terbaik ke-28 di Dunia

  • Peringkat 28 juga merupakan posisi tertinggi yang pernah diraih oleh Bandara Soekarno-Hatta sepanjang sejarahnya, memenuhi target PT Angkasa Pura II untuk membawa bandara tersebut masuk ke 30 besar dunia.
Transportasi dan Logistik
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Bandara Soekarno-Hatta, yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II, meraih peringkat 28 dalam daftar bandara terbaik dunia versi Skytrax.

Pencapaian ini merupakan lonjakan yang signifikan, meningkat sebanyak 15 peringkat dari posisi sebelumnya di peringkat 43 pada tahun 2023. 

Tak hanya itu, peringkat 28 juga merupakan posisi tertinggi yang pernah diraih oleh Bandara Soekarno-Hatta sepanjang sejarahnya, memenuhi target PT Angkasa Pura II untuk membawa bandara tersebut masuk ke 30 besar dunia.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh stakeholder, dukungan penuh masyarakat, Kementerian BUMN, dan Kementerian Perhubungan, serta berbagai program transformasi yang dilaksanakan pada tahun 2023. 

“Pencapaian ini berkat kerja keras seluruh stakeholder serta dukungan penuh dari masyarakat, Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan,” terang Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Agus Wialdi, dilansir siaran pers, Jumat, 19 April 2024.

Bandara Soekarno-Hatta juga masuk sebagai salah satu yang terbaik di dunia dalam kategori bandara dengan jumlah penumpang antara 60 hingga 70 juta., dan memperoleh peringkat kelima global dalam daftar Best Airports 2024.

Meskipun menghadapi dampak pandemi COVID-19, Bandara Soekarno-Hatta mampu pulih dengan cepat dan meningkatkan pelayanan, operasional, dan aspek komersialnya.

“Melalui program transformasi, Bandara Soekarno-Hatta juga cepat pulih dari dampak pandemi COVID-19. Pada 2023, jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 50,9 juta penumpang atau merefleksikan tingkat pemulihan sebesar 93% dibandingkan 2019 saat belum ada pandemi," terang Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda.

Dampak positif dari pencapaian ini sangat signifikan, termasuk peningkatan citra Bandara Soekarno-Hatta di mata dunia, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap bandara tersebut, dan mendorong pertumbuhan ekonomi di sekitarnya.

Guna meingkatkan performa bandara ke depan, pihak terkait akan terus meningkatkan standar pelayanan dan operasional bandara, serta memperkuat infrastruktur dengan teknologi terdepan dan memperluas jangkauan layanan. 

Diketahui saat ini Bandara Soekarno-Hatta melayani penerbangan penumpang melalui tiga terminal, yakni Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3, serta memiliki Skytrain pertama di Indonesia yang menghubungkan semua terminal dan stasiun kereta bandara.

Dengan prestasi yang diraih, Bandara Soekarno-Hatta terus membuktikan diri sebagai salah satu bandara terbaik di dunia, memberikan pengalaman yang terbaik bagi penumpangnya serta kontribusi yang signifikan bagi perekonomian dan citra Indonesia di mata dunia.