<p>Rumah tapak mewah di BSD City milik PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) dari Grup Sinarmas / Bsdcity.com</p>
Properti

Naik 7,95 Persen dari Proyeksi 2023, Prapenjualan Bumi Serpong Damai Tembus Rp9,50 T

  • Pencapaian positif Bumi Serpong Damai (BSDE) pengaruhi oleh kinerja penjualan dalam segmen residensial yang menyumbang lebih dari 50% total prapenjualan 2023.
Properti
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Emiten properti PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) berhasil mencatat angka prapenjualan sepanjang 2023 sebesar Rp9,50 triliun. Nominal tersebut melesat 7,95% dari proyeksi yang telah ditetapkan, yakni senilai Rp8,80 triliun.

Direktur BSDE Hermawan Wijaya menjelaskan pencapaian positif ini utamanya dipengaruhi oleh kinerja penjualan dalam segmen residensial. Penjualan pada segmen tersebut mencapai Rp5,01 triliun, atau 53% dari total prapenjualan selama 2023.

Hermawan menegaskan bahwa proyek BSD City tetap menjadi penyumbang terbesar dalam prapenjualan segmen residensial. Mayoritas prapenjualan residensial berasal dari penjualan produk andalan di BSD City, seperti Enchante, Eonna, Hierra, Tanakayu, Terravia, dan Nava Park.

“BSD City secara keseluruhan menyumbang sekitar 57% dari total prapenjualan pada tahun 2023. Sementara itu, Grand Wisata, Bekasi dan Kota Wisata, Cibubur masing-masing menyumbang sebesar 9% dan 5% dari total prapenjualan,” ungkapnya dalam keterangan tertulis pada Selasa, 30 Januari 2024. 

Sementara itu, kata Hermawan, penjualan prapenjualan komersial, yang mencakup lot komersial, apartemen, dan ruko, berhasil mencapai angka sebesar Rp2,62 triliun atau setara dengan 28% dari total prapenjualan.

“Secara detil penjualan segmen komersial berasal dari prapenjualan ruko sebesar Rp1,42 triliun, prapenjualan lot komersial sebesar Rp759 miliar dan prapenjualan unit apartemen sebesar Rp441 miliar,” jelasnya. 

Hermawan merincikan prapenjualan ruko terutama berasal dari Iconix Studio Loft, Enchante Business Park dan Delrey Business Townhouse yang berlokasi di BSD City, bersama dengan Front Row Studio Loft di Kota Wisata, Cibubur. 

Lebih lanjut, penjualan dari unit apartemen oleh emiten berkodekan saham BSDE ini berasal dari The Elements, Southgate dan Aerium, yang terletak di Jakarta, serta Akasa, Upperwest dan Marigold yang terletak di BSD City.

“Kuatnya prapenjualan membuat pencapaian kinerja pada kuartal IV-2023 sebesar Rp2,75 triliun lebih tinggi 40% jika dibandingkan dengan pencapaian kinerja kuartal IV-2022 yakni sebesar Rp1,96 triliun,” ungkap Hermawan.

Hermawan juga menyebut pencapaian dari emiten properti bagian Grup Sinar Mas ini tidak lepas dari besarnya minat masyarakat atas produk-produk properti yang kami tawarkan yang dipadu oleh kampanye marketing secara nasional.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, yang pada tahun 2023 lalu, kembali meluncurkan insentif di sektor properti untuk mempermudah konsumen untuk mendapatkan hunian idaman,” jelasnya. 

Keberhasilan ini, diyakini oleh  Bumi Serpong Damai dapat meningkatkan optimisme perseroan dalam melangkah lebih jauh pada 2024 sebagai tahun yang menandai momentum demokrasi. 

Berdasarkan data IDX Mobile, pada perdagangan sesi I Selasa, 30 Januari 2024, pukul 11.55 WIB, saham BSDE diparkir di level Rp1.040 per saham. Harga tersebut menguat 0,97% dari level pembukaannya sebesar Rp1.030 per saham. 

Sementara itu frekuensi transaksi saham BSDE pada sesi tersebut berada di angka 335 dengan volume saham yang diperdagangkan mencapai 3,11 juta juta lembar saham. Sedangkan nilai transaksi (turnover) emiten properti tembus Rp3,22 miliar dan kapitalisasi pasar mencapai Rp22.02 triliun.