<p>Seorang pasien tengah menjalani penyuntikan vaksinasi dengan sistem pelayanan Drive Thru, Rabu 3 Maret 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia</p>
Dunia

Naik Haji Wajib Vaksinasi

  • JAKARTA- Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfik al-Rabiah mengumumkan bahwa vaksin COVID-19 akan menjadi syarat haji 2021. Mengutip dari Morocco World News, Tawfik al-Rabiah akan mengerahkan tenaga kerja untuk mengoperasikan fasilitas kesehatan di Mekkah, Madinah. Tawfik juga akan menempatkan fasilitas kesehatan di setiap titik pintu masuk lokasi haji, serta membentuk komite vaksinasi bagi para peziarah. “Vaksin […]

Dunia
Mochammad Ade Pamungkas

Mochammad Ade Pamungkas

Author

JAKARTA- Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfik al-Rabiah mengumumkan bahwa vaksin COVID-19 akan menjadi syarat haji 2021.

Mengutip dari Morocco World News, Tawfik al-Rabiah akan mengerahkan tenaga kerja untuk mengoperasikan fasilitas kesehatan di Mekkah, Madinah.

Tawfik juga akan menempatkan fasilitas kesehatan di setiap titik pintu masuk lokasi haji, serta membentuk komite vaksinasi bagi para peziarah.

Vaksin COVID-19 wajib bagi mereka yang hendak datang haji dan menjadi salah satu syarat utama (untuk menerima izin masuk)” demikian laporan Kemenkes Arab Saudi dikutip dari Al-Jazeera.

Pada 2020, Arab Saudi membatasi peserta haji menjadi 1000 orang, itupun hanya untuk kalangan warga dan residen Arab Saudi.

Otoritas Arab Saudi menetapkan hal tersebut sebagai upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19 dari luar negeri.

Namun kali ini, otoritas Arab Saudi masih belum menetapkan pembatasan peserta haji pada 2021.