<p>ilustrasi</p>

NASA Bergerak untuk Mencari Peradaban Alien

  • Badan antariksa Amerika, NASA akan mendanai upaya baru untuk mencari tanda-tanda keberadaan peradaban alien di luar angkasa serta mencari kemungkinan bukti makhluk luar angkasa mengubah lingkungan masing-masing. Sebagaimana dilaporkan Daily Star inisiatif baru ini bertujuan untuk mengungkap apa yang disebut tanda-tanda technosignatures, yaitu “bukti ilmiah teknologi masa lalu dan masa kini”, seperti polusi atmosfer, panel […]

Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

Badan antariksa Amerika, NASA akan mendanai upaya baru untuk mencari tanda-tanda keberadaan peradaban alien di luar angkasa serta mencari kemungkinan bukti makhluk luar angkasa mengubah lingkungan masing-masing.

Sebagaimana dilaporkan Daily Star inisiatif baru ini bertujuan untuk mengungkap apa yang disebut tanda-tanda technosignatures, yaitu “bukti ilmiah teknologi masa lalu dan masa kini”, seperti polusi atmosfer, panel surya, megastruktur atau kawanan satelit.

“Pencarian untuk Intelijen Luar Angkasa (SETI) selalu menghadapi tantangan untuk mencari tahu ke mana harus mencari. Bintang mana yang Anda akan mengarahkan teleskop dan mencari sinyal?” kata Adam Frank seorang profesor fisika dan astronomi di Universitas Rochester yang mendapat hadiah utama dari NASA terkait rencana tersebut.

“Sekarang kita tahu ke mana harus mencari. Kita memiliki ribuan exoplanet termasuk planet-planet di zona layak huni tempat kehidupan dapat terbentuk. Permainan telah berubah.”

Dr. Avi Loeb, Frank B. Baird, Jr., Profesor Ilmu Pengetahuan di Universitas Harvard, menunjuk sebuah planet tertentu, Proxima b, yang memiliki siang dan malam. Menurutnya, ini bisa menjadi dasar adanya peradaban.

“Jika sebuah peradaban ingin menerangi atau memanaskan sisi malam, mereka akan menempatkan sel fotovoltaik di siang hari dan mentransfer daya listrik yang diperoleh ke malam,’ kata Loeb.

Para ilmuwan juga diharapkan untuk mencari jejak bahan kimia yang tidak mungkin diproduksi secara alami, karena mereka juga mungkin menunjuk pada beberapa aktivitas teknologi yang berasal dari luar angkasa.