Warren buffet dan Charlie Munger
Gaya Hidup

Nasihat Sukses dari Miliarder Terkenal Charlie Munger dan Warren Buffet

  • Munger mengatakan bahwa orang-orang yang toxic dapat menghalangi jalan seseorang menuju kesuksesan.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Kesuksesan selalu terasa menarik untuk dibicarakan. Tak heran banyak nasihat, kutipan, serta tips dan trik bagaimana cara menjadi sukses.

Sebagian besar orang mengaitkan kesuksesan dengan tingkat kekayaan seseorang. Maka para miliarder otomatis masuk ke dalam jajaran orang-orang yang sukses.

Jika Anda sedang mencari nasihat sukses dari orang-orang yang telah sukses yaitu para miliarder. Maka, artikel ini cocok untuk Anda.

Charlie Munger adalah salah satu miliarder sukses dunia dan investor terkenal. Ia juga bersahabat dekat dengan Warren Buffet. Dalam pertemunan tahunan pemegang saham Berkshire Hathaway pada Sabtu, 6 Maret 2023, Munger turut berbagi nasihat bisnis dan kehidupan bersama dengan Buffet.

Seperti dilansir dari Business Insider, Munger mengatakan bahwa orang-orang yang toxic dapat menghalangi jalan seseorang menuju kesuksesan.

"Pelajaran hidup yang luar biasa adalah singkirkan mereka dari hidup Anda- dan lakukan dengan cepat" kata Munger.

Selanjutnya ia juga menambahkan hal lain yang perlu Anda lakukan untuk sukses yaitu membelanjakan uang Anda lebih sedikit dari yang mampu Anda hasilkan, menunda kesenangan, berinvestasi secara cerdas, terus belajar, dan mengindari orang-orang yang toxic.

"Sangat mudah untuk membelanjakan lebih sedikit dari yang Anda hasilkan, dan berinvestasi dengan cerdas, dan menghindari orang beracun dan aktivitas beracun, dan mencoba dan terus belajar sepanjang hidup Anda, dan melakukan banyak kepuasan yang tertunda," tambahnya. "Jika Anda melakukan semua hal itu, Anda hampir pasti berhasil. Jika tidak, Anda akan membutuhkan banyak keberuntungan."

Sebelumnya, Buffet juga pernah mengatakan hal yang serupa. Ia menyebut bahwa seseorang perlu menyadari bahwa orang lain dapat memanipulasi mereka. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa orang-orang harus waspada agar tidak jatuh ke dalam perilaku memanipulasi orang lain.

"Saya tidak pernah mengenal orang yang pada dasarnya baik hati yang meninggal tanpa teman" kata Buffet. Dan aku kenal banyak orang kaya yang meninggal tanpa teman" tambahnya.