Tekno

Naskah Langka Einstein Dilelang, Berpotensi Terjual Rp50 Miliar

  • Sebuah manuskrip langka setebal 54 halaman yang ditulis bersama oleh Albert Einstein dan sahabatnya Michele Besso akan dilelang di Paris pada Selasa 23 November 2022
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Sebuah manuskrip langka setebal 54 halaman yang ditulis bersama oleh Albert Einstein dan sahabatnya Michele Besso akan dilelang di Paris pada Selasa 23 November 2022 (Rabu waktu Indonesia). Manuskrip itu adalah upaya besar pertama Einstein untuk menjelaskan misteri kosmik melalui general relativity (relativitas umum).

Menurut Christie's, yang menjadi tuan rumah penjualan, dokumen tersebut diperkirakan akan terjual antara US$ 2,4 juta hingga US$ 3,5 juta atau sekitar Rp34 miliar hingga hampir Rp50 miliar (kurs Rp 14.270). Ini berpotensi menjadikannya karya tulis Einstein termahal yang pernah dijual.

"Ini tanpa diragukan lagi adalah manuskrip Einstein paling berharga yang pernah dilelang," kata perwakilan dari rumah lelang menambahkan dalam sebuah pernyataan yang dikutip Live Science.

Dokumen itu istimewa, sebagian, karena pokok bahasannya. Ditulis antara Juni 1913 hingga awal 1914, manuskrip ini adalah upaya Einstein dan Besso menjelaskan misteri kosmik — khususnya bahwa jalur orbit Merkurius hanya sehelai rambut dari apa yang diprediksi oleh hukum gerak Isaac Newton — menggunakan ide dan persamaan yang pada akhirnya akan menjadi dasar teori relativitas Einstein.

Menurut Christie's, 26 halaman manuskrip ditulis tangan Einstein; 24 ditulis dalam Besso; dan tiga halaman ditulis bersama oleh keduanya. Catatan pinggir yang sering menunjukkan setiap ilmuwan mengomentari karya orang lain — dan dalam satu kasus penting, Einstein mengomentari karyanya sendiri. Menurut Christie's, Einstein dengan bersemangat menulis "stimmt!" (bahasa Jerman yang berarti "Berhasil!") di margin salah satu halamannya.

Pasangan ini akhirnya gagal menjelaskan perbedaan orbit Merkurius dalam naskah ini - namun, persamaan yang mereka kembangkan mengarah langsung ke persamaan relativitas umum Einstein yang masih digunakan untuk menggambarkan hubungan antar objek di ruang angkasa hingga hari ini.

Christie's menambahkan naskah itu juga luar biasa karena kelangkaannya. Menurut rumah lelang, Einstein jarang menyimpan draft tulisan dan korespondensinya sendiri.  Besso, di sisi lain, melestarikan banyak karyanya dengan Einstein untuk anak cucu. Berkat Besso, manuskrip ini adalah salah satu dari hanya dua draft yang masih ada yang menunjukkan dasar relativitas umum.

Tulisan-tulisan Einstein sering kali terjual dengan harga jutaan dolar di pelelangan. Pada Mei 2021, sebuah surat dari Einstein kepada fisikawan saingannya yang berisi persamaan E=mc2 terkenalnya dijual di lelang seharga US$1,2 juta. 

Pada tahun 2017 dua catatan singkat yang ditulis Einstein kepada seorang pelayan di sebuah hotel di Tokyo terjual seharga US$1,5 juta.