Dunia

Negara Bangkrut, Presiden Sri Lanka Kabur ke Maldives Pakai Jet Militer

  • Kaburnya Rajapaksa dilakukan bersama istri dan dua personel keamanannya
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

COLOMBO - Presiden Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa dikabarkan kabur ke Maladewa atau Maldives dengan menggunakan jet militer.

Hal ini diumumkan oleh Angkatan Udara Sri Lanka pada Rabu, 13 Juli 2022. Mengutip Insider pada Kamis, 14 Juli 2022, kaburnya Rajapaksa dilakukan bersama istri dan dua personel keamanannya.

Selain itu, aksi yang didefinisikan sebagai upaya melarikan diri ini terjadi di tengah protes massal atas krisis yang terjadi di Sri Lanka sehingga berujung pada kekurangan makanan dan bahan bakar.

Sebelumnya pada akhir pekan lalu, Rajapaksa berjanji akan mengundurkan diri saat ribuan demonstran  menyerbu kediaman presiden pada 10 Juli 2022 . 
Para pengunjuk rasa yang menyerbu rumah orang nomor satu Sri Lanka itu tampak menduduki lapangan dan di kolam renang.

Pada  Rabu, ketua parlemen Sri Lanka menunjuk perdana menteri negara itu, Ranil Wickremesinghe, sebagai penjabat presiden. Hal ini dilakukan lantaran  presiden tidak dapat melakukan peran mereka dengan baik.

Sebagai informasi, huru-hara di Sri Lanka sudah terjadi sejak Mei lalu. Kala itu, Petugas polisi anti huru hara Sri Lanka menembakkan gas air mata dan meriam air selama protes mahasiswa anti-pemerintah di tengah krisis ekonomi.