Final sepak bola putra Olimpiade Paris 2024 akan mempertemukan timnas U-23 Prancis melawan U-23 Spanyol di Stade de France pada Jumat, 9 Agustus 2024.
Dunia

Negara-Negara Paling Gila Sepak Bola di Dunia, Indonesia Masuk?

  • Dengan sekitar 3,5 miliar penggemar di seluruh dunia, sepak bola adalah olahraga paling populer di dunia ini, memanfaatkan daya tariknya untuk menarik perhatian negara-negara dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh olahraga lainnya.

Dunia

Distika Safara Setianda

JAKARTA – Sepak bola merupakan salah satu faktor pemersatu dunia. Meskipun sepak bola populer hampir di setiap negara di dunia, beberapa negara telah mengadopsi permainan kulit bundar sebagai budaya.

Dengan sekitar 3,5 miliar penggemar di seluruh dunia, sepak bola adalah olahraga paling populer di dunia ini, memanfaatkan daya tariknya untuk menarik perhatian negara-negara dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh olahraga lainnya.

Sepak bola modern, seperti yang kita kenal sekarang, berasal dari Inggris abad ke-19, tetapi kecintaan masa kini terhadap olahraga ini tidak mengenal batas. Di seluruh dunia, negara-negara tertentu menonjol sebagai lambang fanatisme sepak bola, di mana permainan ini melampaui sekadar hiburan dan menjadi bagian intrinsik dari identitas nasional.

Untuk menentukan negara-negara yang paling fanatik terhadap sepak bola, Ticketgum melakukan penelitian di 42 negara, mengumpulkan data tentang berbagai variable yang dijadikan dasar penelitian. Aspek tersebut meliputi:

- Jumlah stadion sepak bola dan kapasitasnya

- Tingkat kehadiran pertandingan

- Total nilai pasar

- Hasrat menuju Piala Dunia

- Nilai hak siar domestik.

Aspek tersebut kemudian diolah menjadi skor indeks dengan nilai maksimal 10. Lantas, negara mana saja yang fanatic terhadap sepak bola? Yuk, simak artikel berikut!

Negara Paling Fanatik Sepak Bola di Dunia

Dilansir dari Ticketgum, berikut beberapa negara paling fanatic sepak bola di dunia:

Inggris (8,37 dari 10)

Inggris menempati posisi teratas sebagai negara yang paling fanatik terhadap sepak bola, dengan skor 8,37 dari 10. Negara ini memiliki jumlah stadion terbesar ketiga di antara sepuluh negara teratas, dengan 90 stadion yang masing-masing berkapasitas lebih dari 10.000 orang.

Para penggemar di Inggris sangat antusias menghadiri pertandingan, terbukti dari rata-rata kehadiran di stadion 40.236 penonton di setiap pertandingan Premier League pada musim lalu.

Indikator terbesar dari obsesi Inggris terhadap sepak bola adalah besarnya uang yang dihabiskan untuk kesepakatan hak siar. Inggris menjadi satu-satunya negara yang mencatat nilai kesepakatan hak siar melebihi £1 miliar. Nilai hak siar Premier League saja mencapai £1,63 miliar atau sekitar Rp32,8 triliun per musim (asumsi kurs Rp20.088 per poundsterling).

Spanyol (7,83 dari 10)

Jumlah stadion: 66 Rata-rata penonton di stadion: 29.584 % orang yang tertarik dengan Piala Dunia Qatar: 63,8% Nilai kesepakatan siaran domestik per musim: £850 juta

Spanyol memiliki tradisi sepak bola yang kaya dan dikenal karena keberhasilannya di kompetisi domestik dan internasional. Skor akhir yang mengesankan sebesar 7,83 dari 10 diraih oleh negara ini, menempatkannya di posisi kedua. Spanyol memiliki 66 stadion sepak bola berkapasitas besar, dengan rata-rata penonton 29.584 orang per pertandingan La Liga Spanyol.

Sebanyak 63,8% penduduknya tertarik dengan Piala Dunia Qatar, dan nilai kesepakatan siaran domestik per musim mencapai £850 juta.

Jerman (7,83 dari 10)

Jerman berbagi posisi kedua dengan Spanyol, dengan skor 7,83 dari 10. Dengan empat gelar Piala Dunia FIFA, tim nasional Jerman, yang sering disebut sebagai “Die Mannschaft,” adalah salah satu tim tersukses di dunia—dan para penggemar menyukainya.  Nilai kesepakatan hak siar Bundesliga Jerman adalah yang terbesar kedua di dunia, dengan harga £926 juta (Rp18,6 triliun).

Brasil (7,60 dari 10)

Sepak bola sangat mengakar dalam budaya Brasil, negara yang telah memenangkan Piala Dunia FIFA sebanyak lima kali yang memecahkan rekor. Orang Brasil dikenal karena hasrat mereka terhadap olahraga ini, dan sering dianggap sebagai salah satu negara paling gila sepak bola di dunia. 

Studi ini mengonfirmasi spekulasi tentang Brasil sebagai salah satu negara paling gila sepak bola, karena skor akhir 7,60 dari 10 menempatkannya di posisi keempat. Sebanyak 85,9% orang Brasil menyatakan minat untuk menonton Piala Dunia Qatar 2022, angka yang hanya dilampaui oleh orang Qatar sendiri 89,5%.

Italia (7,52 dari 10)

Italia memiliki gairah yang mendalam untuk sepak bola, negara tersebut telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap sejarah dan budaya olahraga tersebut. Sepak bola adalah bagian integral dari kehidupan Italia, dan negara tersebut sangat bangga dengan warisan sepak bolanya.

Dengan latar belakang ini, tidak mengherankan Italia berada di urutan kelima di negara-negara paling gila sepak bola di dunia, dengan skor akhir 7,52 dari 10. Italia memiliki kesepakatan hak siar domestik paling berharga keempat di dunia £926 juta per musim.

Argentina (7,17 dari 10)

Argentina terhadap dunia sepak bola, baik dalam hal tim nasional maupun budaya klub sepak bolanya, sangat besar. Rumah bagi beberapa pemain terhebat sepanjang masa, termasuk Diego Maradona dan Lionel Messi, sepak bola di Argentina sering kali terkait erat dengan identitas dan kebanggaan nasional. 

Dengan kecintaan yang luar biasa pada olahraga ini, Argentina mencapai skor akhir 7,17 dari 10, menempatkannya di urutan keenam. Menurut Ticketgum, orang Argentina adalah yang paling tertarik keenam pada Piala Dunia dari semua negara yang diteliti, dengan 82,3% responden menyatakan minat ini.

Meksiko (6,71 dari 10)

Prestasi sepak bola Meksiko, liga yang sangat kompetitif, serta dukungan penggemar yang antusias telah menjadikannya sebagai negara sepak bola yang dihormati dan berpengaruh, baik di kawasan CONCACAF maupun dalam komunitas sepak bola global.

Meksiko memiliki 127 stadion dengan kapasitas lebih dari 10.000 penonton, dan rata-rata kehadiran di stadion adalah 20.500 orang per pertandingan di divisi utama Meksiko, Liga MX. Meksiko memiliki kesepakatan hak siar domestik paling berharga keempat di dunia £246 juta per musim.

Amerika Serikat (6,71 dari 10)

Amerika Serikat berbagi posisi ketujuh dengan Meksiko, keduanya mendapatkan skor akhir 6,71 dari 10. Meskipun negara ini secara tradisional lebih identik dengan sepak bola Amerika, bisbol, dan bola basket, budaya sepak bola (soccer) di AS terus berkembang.

Sepak bola semakin populer, terutama di kalangan anak muda, dan kini menjadi salah satu olahraga yang paling banyak dimainkan oleh atlet muda. Amerika Serikat memiliki kesepakatan hak siar domestik paling berharga keempat di dunia £926 juta per musim.

Prancis (6,63 dari 10)

Prancis menempati posisi kesembilan dengan skor akhir 6,63 dari 10. Negara ini merupakan markas bagi salah satu klub paling terkenal di Eropa, Paris Saint-Germain (PSG), dan pertandingan sepak bola di Prancis dikenal memiliki penggemar yang antusias serta atmosfer yang meriah.

Meskipun memiliki nilai kesepakatan siar domestik sebesar £500 juta per musim, hanya sekitar 40,6% penduduk Prancis yang menunjukkan minat untuk menonton Piala Dunia Qatar.

Arab Saudi (5,74 dari 10)

Arab Saudi memiliki budaya sepak bola yang berkembang dan membuat langkah maju dalam kompetisi domestik dan internasional. Popularitas yang berkembang ini telah membantu Arab Saudi mencapai posisi kesepuluh di negara-negara paling gila sepak bola di dunia, dengan skor akhir 5,74 dari 10.

Dengan hanya 13 stadion sepak bola yang berkapasitas 10.000 atau lebih, Arab Saudi memiliki stadion berkapasitas besar paling sedikit dari semua 10 negara penggila sepak bola teratas.

Itu dia negara-negara paling fanatik sepak bola di dunia.