Ilustrasi Netflix menonton TV santai liburan
Hiburan

Netflix Hentikan Produksi Acara dan Film Interaktif

  • Seperti diketahui, acara dan film yang disebut Interactive Specials ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol ceritanya, menjawab pertanyaan, bahkan di beberapa spesial interaktif, pengguna dapat menentukan sendiri apa yang terjadi selanjutnya,
Hiburan
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Layanan penyedia streaming berbasis pelanggan, Netflix disebut tak lagi memproduksi acara dan film interaktif setelah tujuh tahun berkiprah untuk memberikan pengalaman menonton yang berbeda untuk penggunanya. 

Seperti diketahui, acara dan film yang disebut Interactive Specials ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol ceritanya, menjawab pertanyaan, bahkan di beberapa spesial interaktif, pengguna dapat menentukan sendiri apa yang terjadi selanjutnya,

Dikutip dari What's on Netflix, Netflix mulai memperkenalkan fitur ini pada tahun 2017, dan hingga saat ini, sudah ada 28 permainan tersebut, yang sebagian besar ditujukan untuk keluarga. Beberapa judul seperti Carmen Sandiego, The Boss Baby, Barbie, Johnny Test, dan Jurassic World semuanya memiliki permainan interaktif. 

Beberapa acara asli Netflix juga mendapatkan perlakuan serupa, termasuk Unbreakable Kimmy Schmidt dan We Lost Our Human.

Namun, sepertinya kita tidak akan melihat lebih banyak lagi jenis permainan ini dalam waktu dekat. Sebuah laporan menyebutkan bahwa Netflix meninggalkan format ini dan lebih fokus pada upaya permainan lainnya yang sudah dikembangkan sejak November 2021, dengan hampir 100 judul dalam jajaran permainan seluler dan cloud gaming-nya.

Berita ini dilaporkan oleh Game File dan jurnalis Stephen Totilo, yang sebelumnya bekerja untuk Kotaku dan, baru-baru ini, untuk Axios.

"Kami tidak lagi membuat pengalaman khusus seperti itu," kata Mike Verdu, kepala Gaming Efforts Netflix, dalam pembicaraan dengan Totilo. 

Dia menambahkan, "Teknologinya sangat terbatas, dan potensi untuk apa yang bisa kita lakukan di area itu cukup terbatas. Tetapi kami belajar banyak dari pengalaman ini."

Verdu juga menyebutkan bahwa permainan mobile Netflix Stories akan melanjutkan jenis format ini ke depannya. Netflix Stories dimulai dengan Love is Blind tahun lalu dan baru-baru ini merilis versi Money Heist dalam aplikasi terpisah. 

Versi Virgin River juga sedang dalam pengembangan. Permainan ini, yang dibuat oleh studio internal Netflix, Boss Fight Entertainment, memungkinkan pengguna bermain cerita yang berlatar di dunia acara Netflix. Namun, saat ini hanya tersedia di perangkat Android dan iOS dan memerlukan unduhan terpisah, karena tidak dapat dimainkan dalam antarmuka Netflix.

Pada saat artikel ini dipublikasikan, terdapat 25 acara dan seri interaktif yang bisa Anda nikmati di layanan ini, meskipun beberapa di antaranya telah dihapus dalam satu atau dua tahun terakhir..