Industri

Neuralink Milik Elon Musk Kantongi Izin Percobaan Implan ke Otak Manusia dari FDA

  • Perusahaan implan otak Elon Musk, Neuralink mengarakan bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) memberi lampu hijau uji klinis implan otak
Industri
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

TEXAS - Perusahaan implan otak Elon Musk, Neuralink mengarakan bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) memberi lampu hijau uji klinis implan otak ke manusia.

Izin ini menjadi tonggak penting setelah sebelumnya perusahaan teknologi tersebut berjuang demi mendapat persetujuan.

"Persetujuan FDA mewakili langkah pertama yang penting yang suatu hari akan memungkinkan teknologi kami membantu banyak orang," kata Neuralink dalam sebuah tweet.

Tidak dirinci tujuan membantu banyak orang seperti apa yang dimaksud oleh NeuraLink.Namun, informasi lebih lanjut akan segera tersedia dalam waktu dekat.

Namun, sebelumnya Elon Musk membayangkan implan otak dapat menyembuhkan berbagai kondisi termasuk obesitas, autisme, depresi dan skizofrenia serta memungkinkan penjelajahan web dan telepati.

Pada akhir tahun lalu, ia menyatakan percaya sepenuhnya pada keamanan perangkat sehingga dia bersedia menanamkannya pada anak-anaknya.

Pernah Ditolak

Setidaknya empat kali sejak 2019, Musk memperkirakan Neuralink akan memulai uji coba manusia. Perusahaan awalnya hanya meminta persetujuan FDA pada awal 2022. Sayangnya, FDA menolak permintaan itu.

FDA telah menunjukkan beberapa kekhawatiran kepada Neuralink yang perlu ditangani sebelum memberi sanksi uji coba pada manusia. Masalah utamanya adalah lantaran perangkat ini melibatkan baterai litium.

Hal ini mengakibatkan adanya kemungkinan kabel implan bermigrasi di dalam otak. Selain itu, ada juga kekhawatiran untuk mengekstraksi perangkat dengan aman tanpa merusak jaringan otak.

Neuralink yang didirikan pada 2016 sendiri telah menjadi subjek beberapa penyelidikan federal.

Pada Mei lalu, anggota parlemen AS mendesak regulator untuk menyelidiki apakah susunan panel yang mengawasi pengujian hewan di Neuralink berkontribusi pada eksperimen yang gagal dan terburu-buru.

Departemen Perhubungan secara terpisah menyelidiki apakah Neuralink mengangkut patogen berbahaya secara ilegal pada chip yang dikeluarkan dari otak monyet tanpa tindakan penahanan yang tepat.

Neuralink  saat  ini juga sedang diselidiki oleh Kantor Inspektur Jenderal Departemen Pertanian AS untuk potensi pelanggaran kesejahteraan hewan. Penyelidikan ini juga telah melihat pengawasan USDA terhadap Neuralink.