<p>Microsoft Store/ Sumber: Wikimedia.org</p>
Tekno

Ngeri! Kapitalisasi Pasar Microsoft Tembus US$2,49 Triliun, Apple Tersingkir

  • Microsoft akhirnya berhasil melampaui nilai kapitalisasi pasar alias valuasi Apple.
Tekno
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Dua raksasa teknologi asal Amerika Serikat yakni Microsoft dan Apple bersaing sengit memperebutkan gelar sebagai perusahaan paling bernilai sedunia.

Pada perdagangan Jumat, 29 Oktober 2021, Microsoft akhirnya berhasil melampaui nilai kapitalisasi pasar alias valuasi Apple. Melansir dari CNBC, Senin 1 November 2021, hari itu, kapitalisasi pasar Microsoft menyentuh angka US$2,49 triliun pada penutupan perdangan. 

Di bawahnya, Apple bertengger di posisi kedua dengan valuasi senilai US$2,46 triliun. Apple melaporkan pada Kamis, 28 Oktober 2021, bahwa pendapatannya meleset dari ekspektasi Wall Street pada kuartal IV-2021 akibat kendala rantai pasokan.

Penjualan iPhone memang tercatat 47% dari tahun ke tahun, tetapi masih jauh dari ekspektasi. Di sisi lain, Microsoft mengalahkan ekspektasi pendapatan pada kuartal I-2021 yang naik sekitar 22% dari tahun ke tahun.

Asal tahu saja, Apple adalah perusahaan pertama yang mencapai kapitalisasi pasar U$1 triliun dan U$2 triliun. Sejak itu, Apple menjadi perusahaan publik paling berharga di dunia setelah melampaui raksasa minyak Saudi Aramco.

Microsoft terakhir kali mengalahkan Apple dalam kapitalisasi pasar pada 2020 ketika pandemi COVID-19 belum mengganggu rantai pasok. Pada penutupan pasar, saham Microsoft naik lebih dari 48% tahun ini, sementara saham Apple telah meningkat hampir 13%.