pexels-gabriela-moraes-4610513.jpg
Gaya Hidup

Ngetren di TikTok, Apa Itu Pick Me Girl?

  • Istilah yang muncul di kalangan pengguna TikTok saat ini adalah ‘Pick Me Girl’.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - TikTok tidak pernah ketinggalan untuk membuat tren dengan istilah-istilah baru, atau istilah lama yang diangkat kembali. Istilah yang muncul di kalangan pengguna TikTok saat ini adalah ‘Pick Me Girl’.

Apa Itu Pick Me Girl

Menurut Urban Dictionary, definisi utama dari pick me girl adalah seorang gadis yang berusaha keras untuk membuat pria terkesan dengan memastikan bahwa ia tidak seperti gadis lain.

Pick me dan Pick me girl menjadi topik yang banyak dibicarakan secara online. Walau begitu, istilah ini pertama kali dipopulerkan melalui Twitter pada tahun 2016 seperti dilansir oleh Tren Asia dari laman website resmi Bustle pada Jum'at (9/6/2023).

Kala itu tagar #TweetLikeAPickMe digunakan untuk mengejek satu genre tertentu yaitu pick me yang membanggakan diri sebagai wife material.

Di tahun-tahun berikutnya, definisi pick me bergeser pada mereka yang mulai meninggalkan eyeliner dan lipstick dan menggantinya dengan gaya make up "no make up look".

Pada tahun 2022, definisi pick me lebih dari sekedar membenci lipstick, menyukai olahraga, dan memiliki longboard. Sebuah video membagikan bahwa Anda dapat menemukan pick me girl pada mereka yang merendahkan perempuan lain terutama ketika berada dalam grup dengan banyak laki-laki.

Seorang pick me girl biasanya mengklaim bahwa bergaul dengan pria jauh lebih baik dan menyenangkan daripada wanita. Dia akan mengolok-olok perempuan lain karena menyukai sesuatu yang mainstream atau feminim secara tradisional.

Dengan merendahkan perempuan lain, pick me girl mencari validasi dan persetujuan dari laki-laki dalam grup untuk dipilih.

Melansir dari laman website resmi Grazia, pick me girl adalah evolusi dari cool girl. Mereka mencari validasi laki-laki di atas segalanya bahkan hingga merugikan perempuan lain.

Mengapa Seseorang Bersikap Menjadi Pick Me Girl?

Dikutip dari laman website Modern Intimacy, untuk mengetahui alasan mengapa seseorang bersikap seperti pick me girl, penting untuk memahami misogini yang terinternalisasi.

Misogini yang terinternalisasi mengkonseptualisasikan cara beberapa wanita akan merasa jijik terhadap jenis kelamin mereka sendiri. Hal ini seringkali tidak disadari dan sulit untuk diidentifikasi ketika perempuan tumbuh dalam budaya dengan nilai-nilai patriarkal yang mendukung sifat maskulin tradisional.

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai pick me girl. Semoga bermanfaat!