<p>Gerai kopi cinta milik OYO Rooms Indonesia. / Dok. OYO Rooms Indonesia </p>
Industri

Ngopi Makin Ngetren, OYO Rooms Rambah Bisnis Kopi

  • JAKARTA – Saat ini tren dan budaya ngopi kian marak di Tanah Air. Permintaannya yang terus meningkat membuat banyak bermunculannya kedai kopi. Maka tak heran, kini jaringan layanan rumah dan perhotelan PT OYO Rooms Indonesia ikut merambah dunia usaha kopi. Country Head Emerging Business OYO Indonesia Eko Bramantyo mengatakan sebagai bentuk inovasi terbaru di industri […]

Industri
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Author

JAKARTA – Saat ini tren dan budaya ngopi kian marak di Tanah Air. Permintaannya yang terus meningkat membuat banyak bermunculannya kedai kopi. Maka tak heran, kini jaringan layanan rumah dan perhotelan PT OYO Rooms Indonesia ikut merambah dunia usaha kopi.

Country Head Emerging Business OYO Indonesia Eko Bramantyo mengatakan sebagai bentuk inovasi terbaru di industri hospitality, pihaknya meluncurkan brand kopi independen bernama “Kopi Cinta” yang tersebar di 30 gerai di seluruh Indonesia.

“Kami melihat bahwa budaya ngopi di seluruh Indonesia mengalami peningkatan yang pesat. Selain itu, terdapat peningkatan permintaan akan produk f&b dari para tamu dari hotel-hotel kami di berbagai wilayah Indonesia,” kata Eko, Selasa, 11 Agustus 2020.

Berangkat dari kondisi ini, kata dia, OYO berinisiatif untuk memanfaatkan peluang dengan menghadirkan lini bisnis baru yang dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi mitra perusahaan.

Menurut pusat data dan sistem informasi Kementerian Pertanian, konsumsi kopi nasional di tahun 2018 telah mencapai 314.000 ton. Angka konsumsi ini diprediksi akan terus tumbuh sekitar 8,2% selama periode 2016-2021.

Konsumsi Kopi

Sementara itu, berdasarkan data International Coffee Organization (ICO), pertumbuhan rata-rata konsumsi kopi di Indonesia berada di atas rata-rata dunia pada umumnya. Pada tahun 2021, pasokan kopi nasional diprediksi akan mencapai 795.000 ton, sementara tingkat konsumsi naik menjadi 370.000 ton.

Kendati demikian, Eko menyebutkan adanya pandemi COVID-19 pastinya mempengaruhi prediksi tersebut. Mengantisipasi ini, pemerintah pun berupaya untuk menggairahkan kembali industri kopi nasional melalui kampanye #SatuDalamKopi.

“Kami ingin turut berpartisipasi dalam upaya menggairahkan kembali industri kopi Indonesia, maka dari itu Kopi Cinta hadir dengan memanfaatkan jaringan hotel OYO di Indonesia sebagai rantai distribusi untuk minuman kopi berkualitas,” tuturnya.

Dalam menggarap bisnis baru ini, OYO menggandeng Primo Coffee untuk pembuatan standar operasional. Primo Coffee juga menyediakan pelatihan barista, serta pengadaan alat dan suplai bahan baku. Tak hanya itu, OYO juga berkolaborasi dengan Go-Food dan Grabfood untuk menjamah konsumen di luar tamu hotel. (SKO)