Gaya Hidup

Norwegia Alami Lonjakan Jumlah Gadis Yang Ganti Kelamin dan Banyak Yang Menyesal

  • OSLO-Jumlah gadis yang melakukan operasi alih jender di Rumah Sakit Nasional telah meningkat hampir 13 kali lipat. Dokter memperingatkan tentang sejumlah “penyesalan” yang mungkin akan terjadi. Peningkatan gadis muda yang operasi ganti kelamin telah melesat selama dekade terakhir. Televisi NRK melaporkan ini menandai perubahan pola dalam komunitas transgender. Sebelumnya, pria dan anak laki-laki yang lebih […]

Gaya Hidup
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

OSLO-Jumlah gadis yang melakukan operasi alih jender di Rumah Sakit Nasional telah meningkat hampir 13 kali lipat. Dokter memperingatkan tentang sejumlah “penyesalan” yang mungkin akan terjadi.

Peningkatan gadis muda yang operasi ganti kelamin telah melesat selama dekade terakhir. Televisi NRK melaporkan ini menandai perubahan pola dalam komunitas transgender. Sebelumnya, pria dan anak laki-laki yang lebih tertarik untuk mengubah jenis kelamin mereka.

Pada 2012, hanya 11 anak perempuan yang dirujuk ke Rumah Sakit Nasional untuk perubahan gender. Pada 2018, jumlah mereka meningkat menjadi 154.

Fenomena ini juga dialami di negara-negara tetangga Norwegia, Swedia dan Finlandia, serta di negara-negara Barat lainnya, seperti Belanda, Inggris, dan Amerika. Kondisi ini telah membuat dokter menggaruk-garuk kepala.

“Kami tidak tahu mengapa ini terjadi,” Anne Wæhre, dokter senior di Rumah Sakit Nasional mengatakan kepada NRK.

Menurut Wæhre, pasien dapat dibagi menjadi beberapa kategori. Beberapa telah menolak jenis kelamin biologis mereka sejak kecil dan remaja. Dari mereka yang mengalami ketidaknyamanan dengan jenis kelamin mereka saat telah remaja, lebih dari setengah berjuang dengan gangguan mental yang serius. Selain itu semakin banyak pasien berada pada spektrum autisme. Namun, kelompok lain juga meningkat jumlahnya dalam beberapa tahun terakhir.

“Banyak dari mereka yang telah mendaftar ke kami dalam beberapa tahun terakhir adalah gadis-gadis yang selalu merasa sedikit berbeda, sedikit di luar yang lain. Ketika pubertas datang, mereka sering gagal untuk menyesuaikan diri. Setelah itu, mereka mendapatkan ketidaknyamanan terkait dengan payudara mereka dan semua fitur wanita. Segera setelah itu mereka ingin mengubah jenis kelamin mereka. Kemudian mereka dirujuk ke kita, ”Wæhre menjelaskan.

Menyesal

Dia menekankan kurangnya penelitian tindak lanjut dan jangka panjang pada gadis-gadis  yang telah mengajukan perubahan gender sejak 2012 dikhawatirkan tidak memberi gambaran tentang risiko yang terjadi karena ketika operasi dilakukan maka tidak bisa diubah lagi.

Menurut NRK, banyak gadis Norwegia yang menyesal telah melakukan operasi transgender. Semua gadis ini tidak berani bercerita secara terbuka karena jika itu dilakukan akan disebut sebagai “bunuh diri sosial”. Mereka takut cerita mereka akan dianggap menghancurkan komunitas transgender.

Aleksander Sørlie, manajer di Organisasi Patient Organisation for Gender Inclusion (PKI) memperkirakan “penyesal” jarang mendapat ruang untuk menceritakan kisah mereka dalam iklim debat hari ini.

Menurut Tone Maria Hansen dan Mikael Scott Bjerkeli dari Harry Benjamin Resource Center di Oslo, penelitian yang menunjukkan persentase rendah “penyesalan” tidak memperhitungkan peningkatan ledakan dalam beberapa tahun terakhir. Menurut mereka, pendekatan individu yang menyeluruh harus dilakukan untuk menghindari orang salah didiagnosis.

“Ini bukan hal sepele. Kita berbicara tentang menghilangkan organ dan bagian tubuh yang sehat pada orang muda. Maka kita harus yakin bahwa itu benar ,” kata Nada Maria Hansen

Menurut mereka, semakin banyak orang muda mengajukan perubahan gender dengan cara yang salah. “Kami takut ada efek menular di media sosial, di mana gambar dan tagar gagal untuk memberi gambaran yang benar tentang apa artinya beralih gender,” kata Mikael Scott Bjerkeli.