Notifikasi Sering Tak Sengaja Terhapus? Simak Cara Mengaktifkan Riwayat Pemberitahuan di Android
Tekno

Notifikasi Sering Tak Sengaja Terhapus? Simak Cara Aktifkan Riwayat Pemberitahuan di Android

  • Untungnya, Android memiliki fitur yang disebut “Riwayat Pemberitahuan”. Fitur ini bisa menyimpan log notifikasi yang berjalan. Fitur “Riwayat Pemberitahuan” ini diperkenalkan di Android 11.
Tekno
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Notifikasi di ponsel sangat penting karena memberi Anda informasi tentang segala sesuatu yang terjadi di sekitar Anda dan di smartphone Anda, namun notifikasi juga dapat dengan mudah terhapus secara tidak sengaja. 

Untungnya, Android memiliki fitur yang disebut “Riwayat Pemberitahuan”. Fitur ini bisa menyimpan log notifikasi yang berjalan. Fitur “Riwayat Pemberitahuan” ini diperkenalkan di Android 11.

Berikut ini TrenAsia.com memaparkan panduan cara mengaktifkan Riwayat Notifikasi di Android smartphone Anda mengutip dari Techclusive pada Jum’at, 8 Desember 2023.

Riwayat Notifikasi di OS Android menyimpan log setiap notifikasi yang ditutup selama 24 jam terakhir. Log ini mencakup notifikasi dan peringatan sistem yang muncul dan hilang dengan sendirinya. 

Namun, fitur ini tidak diaktifkan secara default oleh sistem Android. Jika Anda merasa fitur ini berguna dan ingin menggunakannya di ponsel Android Anda, berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara mengaktifkan Riwayat Pemberitahuan di Android.

Cara Mengaktifkan Riwayat Pemberitahuan di Android

Langkah 1: Buka Setelan.

Langkah 2: Pilih opsi Pemberitahuan dari menu.

Langkah 3: Sekarang Anda mungkin melihat “Riwayat Pemberitahuan” di sini, atau Anda mungkin perlu membuka “Pengaturan Lanjutan” terlebih dahulu. 

Setelah Anda sampai di langkah ini, cukup aktifkan sakelar untuk menggunakan Riwayat Pemberitahuan.

Anda dapat mengakses Riwayat Pemberitahuan Anda dengan dua cara. Yang pertama adalah membuka panel notifikasi dan mengetuk Riwayat, yang kini akan muncul di bagian bawah. Atau Anda dapat membuka Setelan dan tap Notifikasi, lalu tap History notifikasi.

Log akan kosong pada awalnya, tetapi akan mulai menyimpan notifikasi setelah Anda mengaktifkan fitur tersebut. Setelah notifikasi muncul di log, Anda bisa mengetuknya untuk membuka aplikasi terkait, mirip dengan notifikasi biasa.