047505800_1602238086-pexels-fotografierende-1925536.jpg
Nasional

Nulis Bisa Jadi Jalan Kamu Self Healing? Begini Caranya!

  • Menulis nyatanya bisa menjadi salah satu cara untuk kamu melakukan self healing. Istilah self healing secara umum merujuk pada sebuah aktivitas yang dilalukan untuk mendukung proses penyembuhan diri dari berbagai macam persoalan yang dilalui seseorang secara psikologi.

Nasional

Muhammad Farhan Syah

JAKARTA - Menulis nyatanya bisa menjadi salah satu cara untuk kamu melakukan self healing. Istilah self healing secara umum merujuk pada sebuah aktivitas yang dilalukan untuk mendukung proses penyembuhan diri dari berbagai macam persoalan yang dilalui seseorang secara psikologi.

Menulis bisa menjadi salah satu metode stress release atau mengutarakan keluh kesah yang sedang dihadapi melalui tulisan. Penasaran bagaimana cara memulai self healing dengan cara menulis? simak langkah-langkah berikut yuk.

1. Niatkan menulis untuk self healing

Pertama-tama yang pasti kamu harus lakukan adalah dengan meniatkan kegiatan menulis sebagai media untuk self healing yang akan dilakukan. Ketika hati kamu sudah meniatkan, maka kegiatan menulis akan lebih tenang karena tidak dengan paksaan.

2. Mulai menulis apa yang saat ini dirasakan

Setelah meniatkan menulis untuk kegiatan self healing, maka selanjutnya adalah dengan memulai menulis itu sendiri. Tulislah apa yang saat ini kamu rasakan secara jujur, luapkan apa saja yang kamu rasakan melalui sebuah cerita yang kamu alami.

3. Cantumkan tanggal dan waktu kejadian di narasi yang dibuat

Hendaknya kamu juga mencantumkan tanggal dan waktu kejadian yang kamu alami dalam narasi yang dibuat. Menceritakan apa yang kamu alami secara detil dan rinci tentu akan bermanfaat untuk membantu proses self healing yang sedang kamu lakukan.

4. Tulis rencana yang akan kamu lakukan ke depan

Setelah meluapkan seluruh apa yang kamu alami lewat tulisan, maka selanjunya tulislah hal apa saja yang ingin kamu lakukan ke depannya sebagai bagian dari self healing agar perencanaan kamu di masa yang akan datang lebih tertata dan jelas.

5. Bagikan tulisan yang sudah dibuat ke orang terdekat

Jika kamu berkenan, kamu dapat membagikan apa yang sudah kamu tulis sebelumnya. Langkah itu juga menjadi salah satu tanda kalau kamu sudah berdamai dengan kejadian buruh yang mungkin sebelumnya telah dialami. Dukungan dari orang terdekat juga bisa menjadi kunci dalam mempercepat proses self healing.

Begitulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk memulai aktivitas self healing dengan cara menulis yang mungkin bisa jadi pilihan kamu untuk menenangkan diri.