Tina Turner.
Gaya Hidup

Obituari Tina Turner: Ratu Rock n Roll yang Juga Pejuang Hak Perempuan

  • Penyanyi legendaris asal Amerika Serikat, Tina Turner, meninggal dunia di rumahnya di Swiss pada Rabu 24 Mei 2023 waktu setempat.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Penyanyi legendaris asal Amerika Serikat, Tina Turner, meninggal dunia di rumahnya di Swiss pada Rabu 24 Mei 2023 waktu setempat. Musisi yang dijuluki Queen of Rock n Roll itu tutup usia di umur 83 tahun.

Tina Turner sebelumnya diketahui menderita komplikasi penyakit seperti kanker usus, stroke hingga gagal ginjal total. Kabar duka tersebut disampaikan juru bicara Tina Turner, Bernard Doherty. “Dengan kepergiannya, dunia kehilangan seorang legenda musik dan panutan,” ujarnya dikutip dari People, Kamis 25 Mei 2023. 

Perempuan bernama asli Anna Mae Bullock itu mengawali kariernya pada tahun 1950-an. Medio 1960-an, Tina mulai nyemplung di belantika musik dunia dengan membentuk duo Ike & Tina Turner. Duo yang didukung band King’s of Rhythm itu sempat menelurkan sejumlah lagu hits seperti ‘Proud Mary’ dan ‘Come Together’.

Istri produser ternama Jerman, Erwin Bach, itu memutuskan bersolo karier sejak tahun 1970-an. Pilihan itu membuat sang artis semakin sukses. Dia berhasil merebut enam dari delapan nominasi Grammy Awards pada 1980-an. Hal itu tak lepas dari sejumlah lagu hits seperti ‘The Best’, Typical Male’ dan ‘Private Dancer’.

Album Private Dancer yang dirilis 1984 bahkan menjadi album terpopuler Turner dengan penjualan lebih dari 200 juta kopi. Popularitasnya tersebut membuat aksi panggung sang diva selalu dinanti. Dalam konser di Rio Janeiro 1988, sekitar 180.000 pasang mata menonton aksinya. Capaian itu membuat Turner menjadi salah satu musisi dengan penonton konser terbanyak dalam sejarah.

Lawan Kekerasan

Pada akhir 2000-an, ratu Rock n Roll itu memutuskan gantung mic sebelum kembali ke panggung kembali tahun 2018. Selama berkarier di industri musik, Tina mengoleksi 12 piala Grammy Awards, tiga piala Grammy Hall of Fame, dan Grammy Lifetime Achievement Award.

Selain bersinar di dunia musik, Tina Turner dikenal sebagai musisi yang vokal menentang kekerasan dalam pernikahan. Pengalamannya mengalami kekerasan saat menikah dengan Ike Turner membuatnya lantang dalam memperjuangkan hal tersebut.

Perjuangan Turner ini kemudian diangkat ke film layar lebar berjudul What’s Love Got to Do with It (1993). Pada 2021, HBO turut merilis film dokumenter sang legenda dengan judul Tina. Selamat jalan, Ratu Rock n Roll dunia.