Ilustrasi PT Medco Energy Internasional Tbk (MEDC) / Istimewa
Pasar Modal

Obligasi Medco dan Bukopin Terbit Hari Ini, Simak Penawaran Kuponnya!

  • Obligasi PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) dan PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat, 10 September 2021.
Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Obligasi PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) dan PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat, 10 September 2021. 

MEDC mencatatkan Obligasi Berkelanjutan IV Medco Energi Internasional Tahap I Tahun 2021 dengan jumlah dana obligasi sebesar Rp1 triliun. Sedangkan, surat utang ini akan terbagi dalam dua seri.

Untuk Seri A MEDC04ACN1, perseroan menawarkan tingkat bunga tetap sebesar 7,75% per tahun dengan nilai nominal Rp400 miliar dan jangka waktu 36 bulan. Seri B (MEDC04BCN1), ditawarkan dengan imbal hasil 8,50% per tahun dan nominal Rp600 miliar serta jangka waktu 60 bulan.

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat (id)A+ (Single A Plus) untuk Obligasi Berkelanjutan IV Medco Energi Internasional Tahap I Tahun 2021. Bertindak sebagai wali amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Sementara itu, BBKP menerbitkan Obligasi Berkelanjutan I Bank KB Bukopin Tahap I Tahun 2021. Tak hanya itu, emiten perbankan ini juga menerbitkan Obligasi Subordinasi Berkelanjutan III Bank KB Bukopin Tahap I Tahun 2021. 

Obligasi Berkelanjutan I Bank KB Bukopin Tahap I Tahun 2021 (BBKP01CN1) dengan jumlah dana obligasi sebesar Rp1 triliun dengan tingkat bunga tetap sebesar 6,25% per tahun dan jangka waktu 3 tahun.

Hasil pemeringkatan untuk Obligasi Berkelanjutan I Bank KB Bukopin Tahap I Tahun 2021 dari PT Fitch Ratings Indonesia adalah AAA (idn) (Triple A). Bertindak sebagai wali amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Sedangkan, Obligasi Subordinasi Berkelanjutan III Bank KB Bukopin Tahap I Tahun 2021 dengan jumlah dana Obligasi sebesar Rp1 triliun. Obligasi subordinasi perseroan ini terbagi dalam dua seri.

Untuk Seri A (BBKP03ASBCN1), Obligasi subordinasi perseroan ditawarkan dengan tingkat bunga tetap sebesar 8,00% per tahun dengan nilai nominal Rp315 miliar dan jangka waktu 5 tahun. Untuk Seri B (BBKP03BSBCN1) ditawarkan bunga 8,90% per tahun dengan nilai Rp685 miliar dan jangka waktu 7 tahun.

Hasil pemeringkatan untuk Obligasi Berkelanjutan I Bank KB Bukopin Tahap I Tahun 2021 dari PT Fitch Ratings Indonesia adalah AA(idn) (Double A). Bertindak sebagai wali amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Dengan catatan tersebut, total emisi obligasi dan sukuk yang sudah tercatat di BEI sepanjang tahun 2021 sebanyak 71 emisi dari 47 emiten senilai Rp68,44 triliun.