PT Bank OCBC NISP Tbk dan PT Pegadaian (Persero) bekerja sama meluncurkan layanan Tabungan Emas, Rabu, 23 Agustus 2023.
Fintech

OCBC NISP Gandeng Pegadaian Luncurkan Tabungan Emas

  • Melalui layanan ini, nasabah bisa melakukan investasi emas digital di aplikasi ONe Mobile, layanan digital banking dari OCBC NISP.
Fintech
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Bekerja sama dengan PT Pegadaian (Persero), PT Bank OCBC NISP Tbk meluncurkan Tabungan Emas yang merupakan sebuah produk dan layanan berbasis syariah.

Melalui layanan ini, nasabah bisa melakukan investasi emas digital di aplikasi ONe Mobile, layanan digital banking dari OCBC NISP.

Kepala Unit Usaha Syariah Bank OCBC NISP Mahendra Koesumawardhana mengatakan, Tabungan Emas yang diluncurkan ini diharapkan dapat menjadi sebuah instrumen baru berbasis syariah yang bisa membawa berkah bagi masyarakat Indonesia yang mayoritasnya muslim.

Ia menjelaskan pula bahwa kerja sama dengan Pegadaian dilakukan dengan akad titipan atau wadiah, yang mana OCBC NISP berperan sebagai perantara dari nasabah yang hendak membeli emas digital.

"Ini sudah diawasi Dewan Pengawas Syariah di mana akad yang diadakan Pegadaian dengan kami sudah disesuaikan dengan akad-akad syariah, dan kami jadi perantara pembeli emasnya," kata Mahendra dalam konferensi pers peluncuran Tabungan Emas OCBC NISP di Jakarta, Rabu, 23 Agustus 2023.

Mahendra pun menjelaskan bahwa untuk membeli emas digital ini, nasabah tidak harus memiliki rekening syariah.

Pasalnya, basis syariah dalam hal ini berkenaan dengan akad yang mengikat antara OCBC NISP dan Pegadaian, yakni akad wadiah seperti yang telah dijelaskan di atas.

Sementara itu, Kepala Divisi Hubungan Kelembagaan Pegadaian Ferry Hariawan yang turut hadir dalam acara peluncuran Tabungan Emas mengungkapkan bahwa dengan adanya kerja sama ini, diharapkan generasi Z dapat lebih melirik logam mulia sebagai pilihan investasi.

Pasalnya, saat ini Pegadaian mencatat baru 17% gen-Z yang berinvestasi di emas. Kebanyakannya yang berinvestasi di emas adalah masyarakat yang berada di generasi milenial ke atas.

"Jadi, kita ingin yang gen-Z itu jumlahnya lebih meningkat lagi dengan kerja sama bersama OCBC," papar Ferry.

Ferry pun menyebutkan bahwa emas adalah investasi yang lebih resilien terhadap krisis, dan hal itu terbukti dengan performanya selama pandemi yang mana kenaikannya bisa mencapai 30%.

Sebagai informasi, nasabah bisa melakukan investasi emas digital OCBC NISP melalui aplikasi ONe Mobile tanpa perlu mengunduh aplikasi lain atau datang ke outlet.

Saldo tabungan emas ini stok fisiknya disimpan di Pegadaian, dan nasabah dapat mencetak emas fisik dengan mendatangi outlet Pegadaian Syariah sesuai keinginan nasabah.

Untuk berinvestasi emas digital di aplikasi ONe Mobile, nasabah bisa mulai dengan minimal dana Rp10.000.