Pergantian merek dan logo PT Bank OCBC NISP Tbk.
Perbankan

OCBC (NISP) Ganti Merek dan Logo, Inilah Keuntungan bagi Nasabah

  • Perubahan merek ini juga membuka akses lebih besar untuk memanfaatkan kekuatan dan sumber daya dari OCBC Group, sebagai grup perbankan di Asia Tenggara
Perbankan
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Bank OCBC NISP Tbk mengubah merek dan logonya mengikuti cabang grup perseroan di Singapura, Malaysia, Hong Kong, dan Macau, dan dengan adanya perubahan ini, ada beberapa peningkatan layanan yang ditawarkan untuk nasabah bisnis dan individu. 

OCBC NISP mengubah atau meringkas nama mereknya menjadi 'OCBC'. Pergantian merek dan logo ini diresmikan pada 14 November 2023 di Jakarta melalui acara 'OCBC Experience: Supporting Indonesia to the Global Stage'. 

Penting untuk dicatat bahwa, meskipun terjadi perubahan pada merek dan logo, nama legal bank tetap PT Bank OCBC NISP Tbk dan kode saham perseroan pun tetap menggunakan kode NISP. 

Helen Wong, Group Chief Executive Officer of OCBC, menegaskan bahwa Indonesia bergabung dengan pasar utama lainnya dalam meluncurkan merek 'OCBC'. 

Perubahan merek ini juga membuka akses lebih besar untuk memanfaatkan kekuatan dan sumber daya dari OCBC Group, sebagai grup perbankan di Asia Tenggara. Dengan ini, OCBC dapat menawarkan beragam produk dan layanan perbankan dan non-perbankan kepada nasabah dengan akses ke pasar regional dan global.

Berikut ini peningkatan layanan bagi para nasabah OCBC setelah perubahan merek dan logo:

Nasabah Individu:

  1. Diskon ekslusif hingga 50% di berbagai merchant baik di dalam maupun di luar negeri untuk penggunaan kartu kredit OCBC.
  2. Tarik tunai tanpa biaya di seluruh jaringan ATM OCBC Group di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Hongkong.
  3. Kemudahan bagi pemegang Kartu Global Debit untuk tarik tunai dan pembayaran tanpa biaya konversi di ATM luar negeri untuk 11 mata uang asing.
  4. Program berhadiah tiket pesawat setiap bulan dengan bertransaksi di luar negeri menggunakan kartu kredit OCBC.
  5. Tarif khusus tanpa potongan untuk transfer valuta asing (valas) ke jaringan OCBC Group.
  6. Wawasan umum pasar terkini dari jajaran pakar ekonomi dan keuangan lintas negara dari OCBC Group.

Nasabah Bisnis:

  1. Regional desk sebagai layanan perbankan khusus bagi yang ingin mengembangkan bisnis dalam jaringan OCBC Group.
  2. Kemudahan akses produk dan layanan bisnis, termasuk penerbitan bank garansi dan Letter of Credit di negara-negara dalam jaringan OCBC Group.
  3. Peluang kolaborasi antar pelaku bisnis lintas negara melalui OCBC One Connect Series.
  4. Kesempatan berpartisipasi dalam ajang penghargaan internasional dari OCBC Group khusus untuk UMKM Indonesia.
  5. Tarif khusus tanpa potongan untuk transfer valas ke jaringan OCBC Group dengan biaya tetap dan tanpa potongan.

China akan menjadi negara terakhir yang mengadopsi perubahan merek dan logo ini pada Desember. Meskipun kondisi geopolitik dan ekonomi menantang, OCBC dikatakan Helen tetap optimis terhadap potensi pertumbuhan ekonomi di ASEAN dan Greater China. Untuk Indonesia sendiri, Helen menyebutkan bahwa pihaknya optimis akan pertumbuhan ekonomi nasional untuk jangka panjang.

"Kami optimis dengan pertumbuhan ekonomi jangka panjang Indonesia. Oleh karena itu, kami akan terus berinvestasi di negara ini, demi mendukung kebutuhan dan membantu mewujudkan aspirasi nasabah, untuk terus bersama, melaju jauh," ungkap Helen dalam acara OCBC Experience di Ritz Carlton Jakarta, Selasa, 14 November 2023.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur OCBC Parwati Surjaudaja mengatakan, dengan menggunakan merek dan logo yang seragam di semua negara, OCBC Indonesia bertujuan memberikan layanan keuangan yang lebih komprehensif dengan memanfaatkan sinergi antar negara melalui kapabilitas OCBC Group yang digabungkan dengan kekuatan, pengetahuan, dan nilai budaya lokal. Ia menambahkan, perubahan ini sebagai bagian integral dari proses transformasi untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan. 

"Sebagai bagian dari OCBC Group, kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, serta turut membantu masyarakat untuk mencapai aspirasi keuangan mereka di ASEAN, Greater China, dan sekitarnya,” papar Parwati dalam acara OCBC Experience di Ritz Carlton Jakarta, Selasa, 14 November 2023.