Pulau Maratua.
Nasional

OIKN Mulai Promosikan Wisata di Sekitar Calon Ibu Kota Baru

  • Kabupaten Berau dan sekitarnya memiliki sederet destiniasi wisata seperti Pulau Maratua, Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki, Pulau Derawan, Goa Halo Tabung, dan Rumah Oleh-oleh Basinang. Dalam famtrip, wisatawan akan dikenalkan pada destinasi dan sentra ekonomi kreatif tersebut.

Nasional

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk mempromosikan destinasi wisata di sekitar kawasan IKN. 

Tidak hanya promosi, mereka sekaligus memberikan edukasi pada masyarakat tentang IKN sebagai kota dunia serta memberikan pengetahuan progress pembangunan calon ibu kota baru tersebut. 

Kerja sama juga untuk memberikan kesadaran Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia. Implementasi dari kerja sama dilakukan dengan menggelar familiarization trip (famtrip). Lokasi tujuan dari famtrip tersebut ialah Kabupaten Berau yang notabene dekat dengan kawasan IKN. 

“Berau memiliki potensi wisata alam dan wisata bahari yang tidak kalah dengan destinasi wisata unggulan lain di Indonesia. Tentunya, diperlukan strategi-strategi khusus untuk promosi, salah satunya melalui famtrip ini,” ujar Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf, dikutip dari Antara, Senin, 16 Oktober 2023.

Kabupaten Berau dan sekitarnya memiliki sederet destiniasi wisata seperti Pulau Maratua, Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki, Pulau Derawan, Goa Halo Tabung, dan Rumah Oleh-oleh Basinang. Dalam famtrip, wisatawan akan dikenalkan pada destinasi dan sentra ekonomi kreatif tersebut.

Famtrip dilakukan dengan harapan terciptanya Paket Wisata IKN yang rutenya meliputi wilayah IKN, Samarinda, dan Balikpapan, termasuk desa wisata yang ada di daerah tersebut. Pasalnya saat ini kunjungan wisatawan di Kalimantan Timur hanya terfokus pada Kota Samarinda dan Balikpapan dengan waktu stay selama sehari.

Adanya pola (pattern) Paket Wisata IKN diharapkan waktu menginap menjadi lebih lama hingga empat sampai lima hari. Dalam menggaet wisatawan, Pemkab Berau didorong untuk mengadakan perhelatan tertentu semisal kegiatan olaharaga. 

 Target Kunjungan

Kemenparekraf menargetkan 1,2 miliar-1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara pada 2023 dan penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024. Oleh karenanya, mempromosikan Berau sebagai destinasi wisata menjadi salah satu usaha mendukung target itu.

OIKN akan terus berupaya untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di sekitar wilayah IKN serta memberdayakan masyarakat lokal dalam prosesnya. Adapun IKN pada tahun 2024 nanti terdapat 2 juta warga yang pindah kesana. Ditargetkan sebanyak 200.000 orang dapat berkunjung ke Berau sebagai destinasi wisata di lingkup kawasan IKN.