<p>Emtek milik konglomerat Eddy Kusnadi Sariaatmadja ini juga resmi mencaplok saham pengelola rumah sakit Omni Hospitals, PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) / Omni-hospitals.com</p>
Korporasi

Omni Hospital Milik Grup Emtek Caplok 99,9 Persen Saham RS EMC Senilai Rp1,35 Triliun

  • Emiten rumah sakit milik Grup Emtek, PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) akan melakukan akuisisi 99,99% kepemilikan saham induk usahanya sendiri, yakni PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) atas PT Elang Medika Corpora (EMC) dengan nilai Rp1,35 triliun.

Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten rumah sakit milik Grup Emtek, PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) akan mengakuisisi 99,99% kepemilikan saham induk usahanya sendiri, yakni PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) di PT Elang Medika Corpora (EMC) dengan nilai Rp1,35 triliun.

Jumlah saham EMC yang akan diambilalih oleh SAME adalah sebanyak 1.254.899 lembar saham dengan nilai nominal seharga Rp1 juta per lembar saham.

Dengan demikian, jika dibagi dengan jumlah saham yang akan dibeli oleh SAME, maka harga pelaksanaan EMC yakni sekitar Rp1,08 juta per lembar saham.

SAME merupakan emiten pengelola Rumah Sakit Omni. Sedangkan EMC adalah perusahaan yang secara tidak langsung memiliki usaha rumah sakit. EMC merupakan induk perusahaan RS EMC Sentul dan EMC Tangerang.

Adapun pertimbangan akuisisi ini karena SAME dan EMC sama-sama memiliki kegiatan usaha yang sejenis dalam bidang pelayanan kesehatan. Sehingga, perseroan memandang transaksi sejalan dengan tujuan SAME dan EMC sebagai sesama anak usaha EMTK.

“Dengan dilakukannya transaksi, perseroan mengharapkan adanya efisiensi dalam operasional. Sehingga hal tersebut dapat memberikan kontribusi positif atas kinerja keuangan konsolidasian pada masa yang akan datang,” ujar manajemen SAME melalui pengumuman Bursa, Jumat 7 Mei 2021.

Di samping itu, aksi korporasi ini juga diyakini dapat membuka skala ekonomi yang lebih baik dengan adanya sinergi operasional usaha perseroan, yang terdiri atas tiga aspek.

Pertama, integrasi proses pengadaan. Kedua, penyatuan operasional penyediaan layanan kesehatan yang terintegrasi. Ketiga, optimalisasi pemasaran perusahaan dengan jaringan nasabah atau pasien yang terkonsolidasi.

Saat ini, EMTK merupakan pemegang saham SAME dengan kepemilikan 72,19% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor sekaligus pemegang saham EMC. Rencananya, pembayaran atas akuisisi tersebut akan dilakukan secara tunai dari hasil rights issue.  (LRD)