<p>Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati . Sumber: eksplorasi.id</p>
Energi

Optimalkan Distribusi Gas, Pertamina dan PLN Petakan Penggunaan Kompor Listrik

  • PT Pertamina (Persero) mengungkapkan bersama dengan PT PLN (Persero) melakukan pemetaan terkait pengguna kompor listrik di Indonesia, hal ini untuk memaksimalkan distribusi gas di dalam negeri.
Energi
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero) melakukan pemetaan terkait pengguna kompor listrik di Indonesia, hal ini untuk memaksimalkan distribusi gas di dalam negeri.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, dalam membangun infrastruktur gas nasional, perlu dilakukan pembagian wilayah yang tepat agar tidak terjadi duplikasi.

"Nanti kiami perlu lakukan maping bersama dengan PLN untuk yang kompor listrik supaya nantinya lebih fokus dan masyarakat mendapatkan source of supply secara merata tidak hanya di kota-kota besar dan pulau besar saja,” jelasnya dalam Rapat Panitia Kerja (Panja) bersama Komisi VI DPR RI pada Senin, 3 Oktober 2023.

Lebih lanjut menurut Nicke, hal ini sebelumnya telah dikatakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta PLN untuk melakukan distribusi serta transmisi listrik.

Pertamina memastikan akan terus melukan sinergi dalam merealisasikan hal ini. Menurut Nicke gas merupakan sumber energi yang dapat diandalkan sebagai jembatan transisi energi dari fosil ke energi bersih. Apalagi Indonesia diberkahi dengan sumber daya gas yang melimpah.

Di sisi lain, potensi gas di Indonesia juga dapat dimanfaatkan untuk memproduksi blue hydrogen. Pertamina sudah memetakan beberapa titik potensi gas besar untuk mengembangkan LNG menjadi hidrogen yang saat ini permintaannya mulai meningkat di berbagai negara.

Namun dalam implementasinya tantangan juga menghadang di mana Indoenesia merupakan negara dengan pulau-pulau yang banyak sehingga pemerataan distribusi jadi tangan tersendiri.

Tantangan selanjutnya menurut Nicke regasifikasi agar bukan hanya dari sisi upstream yang perlu ditingkatan investasinya. Namun membangun infrastruktur LNG agar mudah untuk didistribusi baik infrastruktur midstream maupun upstream.