Sinarmas.jpg
Korporasi

Optimalkan Operasional Bisnis, Sinar Mas Mulai Merambah Teknologi AI

  • Dengan memanfaatkan teknologi AI, Sinar Mas dapat mengoptimalkan operasionalnya, meningkatkan efisiensi, dan memberikan respons yang lebih cepat dan akurat terhadap kebutuhan pelanggan.
Korporasi
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA – Sinar Mas melakukan transformasi digital dengan mengadopsi RISE with SAP. Adopsi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional dengan memanfaatkan inovasi terbaru dari SAP, termasuk kecerdasan buatan (AI) untuk bisnis. 

Langkah strategis ini akan melibatkan migrasi lima unit bisnis Sinar Mas ke SAP S/4HANA Cloud, dengan tujuan merampingkan operasi, meningkatkan kelincahan, dan mendorong skalabilitas perusahaan.

Diketahui SAP SE merupakan perusahaan global yang bergerak di bidang teknologi, khususnya dalam pengembangan solusi perangkat lunak dan layanan terkait.

Seiring dengan perkembangan Artificial Intelligence (AI) yang terus mentransformasi lanskap bisnis di Indonesia, adopsi teknologi canggih menjadi semakin penting.

SAP Business AI, yang telah diintegrasikan ke dalam aplikasi SAP, dirancang untuk mendukung berbagai proses bisnis yang kritis. 

Dengan memanfaatkan teknologi AI ini, Sinar Mas dapat mengoptimalkan operasionalnya, meningkatkan efisiensi, dan memberikan respons yang lebih cepat dan akurat terhadap kebutuhan pelanggan. 

Inovasi AI ini memungkinkan analisis data yang lebih mendalam, automasi tugas-tugas rutin, dan pengambilan keputusan yang lebih cerdas, sehingga organisasi dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar dan tren industri. 

Chairman dan CEO Sinar Mas Agribusiness & Food, Franky Widjaja, menyatakan bahwa adaptasi cepat terhadap inovasi seperti AI adalah kunci untuk pertumbuhan perusahaan di era digital. 

Menurut Franky Sinar Mas dapat beradaptasi lebih cepat terhadap perubahan pasar dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih efektif.

“Saat ini, perusahaan-perusahaan harus memastikan bahwa mereka dapat beradaptasi dengan cepat terhadap inovasi-inovasi baru, jika mereka ingin terus tumbuh dan mencapai ambisinya" terang Frangky, dilansir siaran Pers Kamis, 23 Mei 2024.

Franky mengungkapkan bahwa akses ke data berkualitas tinggi melalui SAP Cloud ERP akan memungkinkan integrasi yang lebih baik data perusahaan dan meningkatkan efisiensi operasional. 

"Perpindahan kami ke cloud, dengan bantuan mitra jangka panjang kami, SAP, akan memastikan bahwa kami tidak hanya dapat menavigasi tantangan di masa depan dengan lebih baik, tetapi juga memanfaatkan manfaat di masa depan, seperti AI” tambah Frangky.

Penggunaan RISE with SAP ini diharapkan tidak hanya memberikan keuntungan operasional bagi Sinar Mas, tetapi juga menjadi inspirasi bagi perusahaan lain di Indonesia untuk mengadopsi teknologi digital dalam menghadapi tantangan dan peluang di era modern. 

“Keputusan strategis Sinar Mas untuk mengadopsi RISE dengan SAP adalah contoh utama bagaimana perusahaan-perusahaan terkemuka di Asia memanfaatkan cloud untuk membangun ketahanan dan kelincahan di pasar yang dinamis saat ini,” kata Scott Russell, Chief Revenue Officer dan anggota Dewan Eksekutif SAP SE. 

Menurutnya, dengan mengintegrasikan kekuatan AI bisnis ke dalam proses bisnis inti mereka, Sinar Mas akan mampu membawa sejarah pertumbuhan dan inovasi mereka ke tingkat yang lebih tinggi.