Hajatan konser
Hiburan

Optimisme Kemenparekraf, Dua Hajatan Besar Ini Diharapkan jadi Berkah Ekonomi Nasional

  • Kemenparekraf optimis konser Coldplay dan Piala Dunia U-17 jadi berkah untuk ekonomi nasional. Dua hajatan besar ini diharapkan sebagai promosi sektor MICE nasional kepada dunia.
Hiburan
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung penuh konser Coldplay di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Rabu, 15 November 2023 dan Piala Dunia U-17 yang telah dihelat di empat kota besar Indonesia.

Kemenparekraf meyakini dua hajatan besar itu akan memberikan berkah bagi perekonomian nasional yang mencakup okupansi hotel, akomodasi, kuliner, sekaligus promosi terhadap sektor Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) nasional kepada dunia. 

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Vinsensius Jemadu, menyatakan bahwa kementerian yang dikomandoi Sandiaga Salahuddin Uno itu siap bersinergi dengan semua pihak terkait untuk memastikan persiapan yang lancar menyambut pelaksanaan dua hajatan besar tersebut.

Sebagai band besar dunia asal Inggris, Coldplay bakal menghibur lebih dari 70.000 penonton di SUGBK pada esok hari. Konser ini bakal dimulai pada pukul 21.00 WIB, namun open gate penonton dimulai pukul 17.00 WIB. 

“Konser musik Coldplay ini betul-betul akan menyedot penonton banyak sekali. Dan ini tentunya akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan pergerakan wisnus dan bahkan penonton dari negara-negara tetangga akan datang,” ujar Vinsensius dalam siaran pers, pada Selasa, 14 November 2023. 

Vinsen sapaan akrabnya menekankan kepada pihak hotel tidak hanya memperhatikan ketersediaan kamar, tetapi juga kualitas pelayanan penginapa itu  kepada pengunjung. Hal ini bertujuan agar para pengunjung, baik dari dalam negeri maupun mancanegara, merasa puas dan mungkin memilih untuk memperpanjang masa tinggal usai konser berakhir.

Sebab, merujuk data Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), hotel-hotel di sekitar kawasan SUGBK sudah hampir penuh dipesan. Asal tahu saja, H-1 jelang konser Coldplay, okupansi hotel telah mencapai 98%, artinya mendekati 100%. 

Sementara itu, Kemenparekraf yakin 52 pertandingan Piala Dunia FIFA U-17 yang dihelat di empat kota (Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Solo) mulai 10 November hingga 2 Desember 2023 itu, mampu menciptakan permintaan yang tinggi untuk layanan penginapan, transportasi, kuliner, dan produk ekonomi kreatif.

“Tentu ini akan memberikan multiplier effect terhadap pertumbuhan ekonomi khususnya di sekitar kawasan venue, dan terbukanya lapangan kerja baru pada sektor ekonomi kreatif,” ujar Vinsen.

Selain itu, ia menyatakan bahwa kedua acara tersebut juga akan memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk memperkuat citranya sebagai tuan rumah event dunia, termasuk dalam kategori olahraga, MICE, dan festival.

Peningkatan citra ini diharapkan membuka peluang investasi dan kerja sama internasional, serta memberikan kesempatan untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan destinasi wisata yang dimiliki Indonesia.

“Untuk itu, kami mendorong pelaku usaha industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk memanfaatkan event-event besar ini dengan memberikan pelayan terbaik untuk akomodasi hotel, restoran, dan penjualan produk ekonomi kreatif,” tandas Vinsen. 

Sebagai tambahan, dengan adanya hajatan besar Piala Dunia U-17, Kemenparekraf sendiri telah menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia mampu menembus angka 1.000 hingga 1200 orang.