<p>PT Era Mandiri Cemerlang Tbk. (IKAN) menargetkan bakal meraup nilai kontrak senilai Rp86,11 miliar sepanjang 2020, Selasa, 18 Agustus 2020/ Sumber: Indonesiaseafood.net</p>
Industri

Optimistis! Era Mandiri Cemerlang Targetkan Kontrak Rp86,11 Miliar

  • JAKARTA – PT Era Mandiri Cemerlang Tbk. (IKAN) menargetkan meraup nilai kontrak senilai Rp86,11 miliar sepanjang 2020. Rinciannya, nilai kontrak tersebut berasal dari Asia sebesar Rp21,21 miliar, UAE senilai Rp110,26 juta, Amerika Serikat sebanyak Rp52,93 miliar, dan di Eropa Rp11,84 miliar. “Meski begitu, sebagai perusahaan eksportir produk olahan ikan, kami tidak menampik adanya tekanan dari […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Era Mandiri Cemerlang Tbk. (IKAN) menargetkan meraup nilai kontrak senilai Rp86,11 miliar sepanjang 2020.

Rinciannya, nilai kontrak tersebut berasal dari Asia sebesar Rp21,21 miliar, UAE senilai Rp110,26 juta, Amerika Serikat sebanyak Rp52,93 miliar, dan di Eropa Rp11,84 miliar.

“Meski begitu, sebagai perusahaan eksportir produk olahan ikan, kami tidak menampik adanya tekanan dari pandemi COVID-19 yang turut menghantam bisnis ekspor,” kata ujar Direktur Utama PT Era Mandiri Cemerlang Tbk, Johan Rose, Selasa, 18 Agustus 2020.

Buktinya, pada kuartal II-2020, perusahaan mencatat penurunan pendapatan sebesar 27% dibandingkan tahun lalu. Sementara itu, laba kuartal II 2020 juga terkontraksi 165% dibandingkan periode yang sama 2019.

“Penjualan kuartal kedua sangat dipengaruhi kondisi pandemi COVID-19. Hampir semua negara tujuan ekspor mengalami peningkatan kasus COVID-19 yang signifikan. Hal ini berimbas terjadinya penurunan penjualan perseroan.”

Meski begitu, korporasi saat ini telah berupaya untuk memaksimalkan utilitas kapasitas yang ada dalam bisnis saat ini. Sebab, berbagai pengembangan miniplant di berbagai daerah masih mengalami hambatan penundaan akibat pandemi sehingga baru akan direalisasikan setelah kondisi roda perekonomian berjalan kondusif.

Saat ini, perusahaan juga masih menemui hambatan dalam pergerakan barang modal dan sumber daya manusia. Demikian juga permintaan hasil produksi yang belum normal, sehingga strategi penundaan ini merupakan pilihan yang paling optimal saat pandemi.

“Penurunan inventory di pihak buyer memberikan indikasi selama ini, proses penjualan produk perikanan tetap berjalan. Perseroan optimis dalam waktu dekat penjualan akan meningkat sejalan dengan perkembangan menuju new normal,” imbuh dia.

Pada tahun 2020, PT Era Mandiri Cemerlang Tbk mencatatkan modal usaha (Capex) sebesar Rp 7,5 miliar yang digunakan utamanya dalam pembelian mesin serta instalansi di kawasan Gorontalo dan Jakarta.