Ilustrasi ilmuwan
Sains

Orang Amerika Kian Tidak Percaya Sains dan Ilmuwan

  • Sebanyak 34 persen dari warga Amerika merasa kurang percaya bahwa sains membawa dampak positif bagi masyarakat.
Sains
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

WASHINGTON - Sebuah lembaga riset independen, Pew Research Center melaporkan terjadinya penurunan kepercayaan orang Amerika terhadap sains dan para ahli. 

Kesimpulan tersebut diambil setelah Pew Research Center melakukan survei terhadap 8.842 orang Amerika pada 25 September 2023 hingga 1 Oktober 2023 yang dipilih secara acak mengenai pendapat mereka tentang sains dan ilmuwan.

Dari survei tersebut ditemukan sebanyak 34 persen dari warga Amerika merasa kurang percaya bahwa sains membawa dampak positif bagi masyarakat. Walaupun terlihat angka yang kecil dan masih ada sebanyak 57 persen warga Amerika percaya sains membawa dampak positif bagi masyarakat, namun angka ketidak percayaan tersebut mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Ditemukan bahwa penurunan yang konsisten tersebut bermula dari Pandemi COVID-19. Pada tahun 2019, angka ketidak percayaan masyarakat Amerika kepada sains hanya mencapai 23 persen saja. Namun Pew Research Center menemukan pada Februari 2021 angka tersebut meningkat menjadi 27 persen dan kemudian naik lagi menjadi 28 persen pada November 2021.

Bahkan sebagian kecil warga Amerika berpendapat sains memberikan dampak buruk bagi masyarakat. Persentase orang yang mempercayai hal tersebut juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun meskipun peningkatannya tidak signifikan. 

Disebutkan pada Januari 2019 orang yang mempercayai sains memberikan dampak buruk hanya sebesar 3 persen saja. Namun pada Februari 2021 angka tersebut naik dua kali lipat menjadi 6 persen dan pada November 2021 naik menjadi 7 persen. Kemudian pada Oktober 2023 angka tersebut kembali naik menjadi 8 persen.

Dalam kepercayaannya kepada ilmuwan, sekitar seperempat atau 27 persen warga Amerika kini mengatakan mereka tidak terlalu atau tidak percaya pada ilmuwan bertindak demi kepentingan terbaik masyarakat. Angka ketidak percayaan tersebut naik dari hanya 12 persen pada bulan April 2020.

Padahal, kepercayaan masyarakat pada sains dan ilmuwan penting bagi kepentingan masyarakat itu sendiri. Pew Research Center menyebutkan orang-orang yang lebih percaya pada ilmuwan cenderung menyelaraskan keyakinan dan tindakannya dengan bimbingan dan pemahaman para ahli.

Meskipun terjadi penurunan kepercayaan, namun kelompok sains dan ilmuwan masih lebih tinggi dibandingkan kelompok lainnya di Amerika. Pew Research menyebutkan keyakinannya terhadap para pemimpin bisnis, pemimpin agama, jurnalis, dan pejabat terpilih untuk bertindak demi kepentingan terbaik publik juga mengalami penurunan peringkat dalam beberapa tahun terakhir.

Masyarakat Amerika juga telah menunjukkan rendahnya kepercayaan mereka terhadap pemerintah federal dan lembaga-lembaga lain, seperti Kongres, selama beberapa dekade.