Pengunjung melihat produk disalah salah stan peserta pada Festival UMKM #banggalokal saat berlangsungnya Pagelaran Sabang  Merauke di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu, 12 November 2022. Foto: Panji Asmoro/TrenAsia
Tekno

Owner UMKM Wajib Tahu! 7 Aplikasi yang Mempermudah Bisnis UMKM

  • Teknologi juga merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan agar urusan bisnis Anda cepat selesai dengan efektif dan efisien.
Tekno
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Apakah Anda pemilik UMKM ? Menjadi pemilik UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan Menengah ) artinya Anda dihadapkan pada segudang jenis pekerjaan yang berbeda-beda yang menunggu untuk Anda kerjakan. 

Memanfaatkan teknologi tentu menjadi langkah yang tepat untuk menunjang pengembangan bisnis Anda. Teknologi juga merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan agar urusan bisnis Anda cepat selesai dengan efektif dan efisien.

Jenis teknologi yang dapat Anda gunakan salah satunya adalah aplikasi yang akan membantu proses pelayanan, alat pemasaran dan manajemen UMKM Anda  

Nah, berikut ini adalah 7 aplikasi pilihan TrenAsia yang mampu mempermudah bisnis UMKM Anda.

1. WhatsApp Business 
Aplikasi layanan chat online adalah aplikasi pertama yang harus Anda miliki sebagai pemilik UMKM. Agar lebih memberi kesan profesional, pisahkan WhatsApp pribadi dengan WhatsApp bisnis Anda. WhatsApp bisnis memang dirancang untuk perusahaan berskala UMKM, menengah hingga besar. 

Perbedaan WhatsApp bisnis dengan WhatsApp biasa terletak pada fitur-fiturnya. Tentu saja, fitur WhatsApp bisnis lebih lengkap seperti fitur auto reply scheduler, katalog produk, broadcast message, quick replies, label pesan hingga statistik pesan.  

Cara menggunakannya terhitung gampang, Anda hanya perlu mendownload aplikasi WhatsApp Business pada playstore atau Ios dan aplikasi sudah siap digunakan. Anda juga dapat mengakses aplikasi WhatsApp Business melalui web. 

2. Talenta by Mekari
Talenta by Mekari adalah salah satu software HRIS yang cukup populer. Talenta dapat melakukan tugas-tugas seputar sumber daya manusia seperti mengelola operasional SDM mulai dari sistem database karyawan, mengelola kinerja karyawan sesuai dengan KPI, mengelola absensi, cuti dan lembur, hingga rekrutmen karyawan. Hal ini tentu sangat memudahkan Anda sebagai pemiliki owner karena tidak perlu merekap administrasi karyawan satu persatu.

3. Jurnal by Mekari 
Masih dari Mekari, Jurnal by Mekari adalah aplikasi akuntansi berbayar yang berbasis cloud dan dapat dipakai untuk bisnis skala kecil maupun besar. Walau berbayar, Anda tidak akan rugi karena software ini memiliki beragam fitur akuntansi seperti catatan keuangan, buat faktur, pencatatan biaya, pemasukan, pengeluaran dan sebagainya yang sangat memudahkan Anda dalam pencatatan keuangan UMKM Anda.

4. Marketplace
Marketplace adalah tempat yang tepat untuk Anda memasarkan produk-produk Anda, cobalah aplikasi-aplikasi marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada dan sebagainya. Fitur yang mereka miliki sangat memudahkan pemilik UMKM dalam memasarkan produk mereka.  Aplikasi-aplikasi tersebut juga dapat Anda akses di ponsel maupun komputer. 

5. Meta Business Suite
Apakah bisnis Anda sudah memiliki akun instagram dan facebook ? Jika iya maka Anda wajib memanfaatkan fitur Meta Business Suite. Meta Business Suite adalah tempat terpadu di mana Anda bisa mengelola semua aktivitas marketing dan periklanan Anda di Facebook dan Instagram. 

Semua fitur yang disediakan oleh Meta Business Suite dapat Anda gunakan dengan gratis. Beragam fitur meta busniness suite yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan sosial media instagram dan facebook Anda diantaranya adalah membuat postingan di facebook dan instagram dengan sekali post, menjadwalkan postingan. 

Melihat insight bisnis Anda seperti jumlah kunjungan ke profil dan ke postingan, membuat integrasi kontak masuk dan fitur balas otomatisnya dan beragam fitur bermanfaat lainnya.

6. Canva
Saat awal membuka bisnis, Anda tentu memerlukan logo untuk bisnis Anda. Memesan logo kepada desainer tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun, Anda dapat memanfaatkan aplikasi Canva untuk memenuhi kebutuhan logo usaha Anda. 

Selain membuat logo, Canva juga dapat membantu Anda dalam membuat poster, mengedit gambar, hingga membuat desain postingan untuk akun sosial media Anda.

7. BukuWarung
BukuWarung adalah aplikasi keuangan untuk membantu Juragan UMKM Indonesia mengembangkan usaha mereka. Aplikasi ini juga mensupport pembayaran model digital menggunakan QRIS juga tengah digemari karena keefektifannya. 

Lewat aplikasi BukuWarung, Anda juga dapat menerima pembayaran nontunai pelanggan dari bank atau dompet digital melalui fitur QRIS. BukuWarung juga memberikan akses pinjaman modal lewat layanan Solusi Modal Usaha. Agar bisni Anda nampak profesional dihadapan pelanggan, Anda juga dapat memanfaatkan fitur kasir yang ada. 

Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat struk dengan cepat dan mudah dan mencetaknya atau membagikannya melalui aplikasi lain seperti aplikasi chat WhatsApp. Aplikasi ini dapat Anda download secara gratis.

Nah berikut tadi adalah 7 aplikasi yang dapat mempermudah bisnis UMKM, Semoga bermanfaat!