<p>PT Astra Daihatsu Motor (ADM)/ Sumber: daihatsu.co.id</p>
Transportasi dan Logistik

Pabrik Mobil Listrik Astra Daihatsu Siap Produksi pada 2024

  • Tren transisi menuju energi bersih juga menyasar pada sektor kendaraan. Para emiten bersiap membangun kendaraan listrik mendorong energi bersih salah satunya PT Astra Daihatsu (ADM).
Transportasi dan Logistik
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Sektor kendaraan menjadi salah satu yang paling agresif berinovasi dalam proses transisi menuju energi bersih. Salah satunya adalah PT Astra Daihatsu (ADM) yang menargetkan operasional pabrik kendaraan listrik dan hybrid pada 2024. 

Corporate Planning and Communications Division PT Astra Daihatsu Motor Edward P Napitupulu mengatakan, Astra Daihatsu akan memproduksi mobil hybrid melalui pabrik baru.

"Bahkan, kami sudah mulai bangun pabrik yang punya kapabilitas membuat mobil listrik, termasuk untuk hybrid, itu mulai produksi 2024 akhir. Saat ini, kami belum bisa berikan informasi gamblang terkait kapan pastinya," kata Edward dalam Workshop Wartawan Industri di Menara Astra pada Jumat, 17 November 2023.

Pembangunan pabrik baru ini memiliki kapasitas untuk produksi kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Namun sayangnya Edward belum dapat memastikan kapan kepastian produksi tersebut.

Adanya pembangunan pabrik baru tersebut merupakan bentuk keseriusan Daihatsu untuk menggarap produk EV termasuk model hybrid telah ditunjukkan lewat beberapa pameran. Di mana pihakya memamerkan mobil konersi Ayla BEV (battery electric vehicle) pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 dan kendaraan niaga Vizion-F BEV pada GIIAS 2023.

Astra Daihatsu menyebut tengah fokus pada market seperti first buyer, di sektor  low cost green car (LCGC) dan multi purpose vehicle (MPV) dan niaga pick up. Pasalnya, pangsa pasar yang masih mendominasi. Di sisi lain, ADM juga tengah memproses lebih jauh penerapan teknologi terkini. 

Sebelumnya, penjualan ritel mobil Daihatsu mencapai 164.300 unit hingga Oktober 2023. Kontribusi ini terhadap market share ritel otomotif nasional mencapai 19,9%, atau naik tipis dari bulan Oktober 2022 sebesar 19,1%.

Edward menegaskan, jika melihat dari sisi penjualan wholesales atau melalui pabrik ke diler seluruh lini Daihatsu mencapai 161.700 unit mobil. Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu selama 10 bulan ditahun 2023 didominasi oleh top 3 model yaitu Sigra, GranMax PU (Pick Up) dan Terios.