Bendera China
Dunia

Pacu Iklim Investasi Swasta, Ini Strategi Pemerintah China

  • China merilis strategi yang dilakukan untuk mendorong investasi swasta di negaranya.

Dunia

Rizky C. Septania

BEIJING- China merilis strategi yang dilakukan untuk mendorong investasi swasta di negaranya. Adapun sektor yang paling diincar adalah infrastruktur yang diharapkan dapat dibiayai oleh sektor swasta.

Mengutip Reuters, Senin, 24 Juli 2023,  Pemerintah China meningkatkan investasi untuk sektor swasta dengan merilis pedoman dari partai Komunis. Mereka berjanji bagwa pihaknya kaan menjadikan ekonomi China lebih besar, lebih baik, dan lebih kua di tengah pemulihan pasca-pandemi.

Mengutip pernyataan Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (NDRC), saat ini pihaknya ingin menarik lebih banyak modal swasta untuk berpartisipasi dalam pembangunan proyek-proyek besar nasional.

NDRC mengatakan daftar sektor mulai dari transportasi, air, energi bersih, infrastruktur baru hingga manufaktur maju dan pertanian modern akan tersedia bagi investor swasta untuk berpartisipasi.

NDRC juga berjanji untuk memperkuat dukungan keuangan untuk proyek investasi swasta.

Hilang Momentum

Perlu diketahui, selama beberapa minggu terakhir, sejumlah investor telah bertaruh pada lebih banyak langkah stimulus untuk menopang ekonomi yang mulai kehilangan momentum dengan cepat setelah pemantulan awal pasca-COVID 19. Sayangnya, upaya yang  yang diumumkan oleh pihak berwenang telah mengecewakan pasar.

Dalam pedoman yang dirilis minggu lalu, China mengatakan akan membuat sistem untuk memperjelas area di mana investor swasta dapat berinvestasi.

Namun perlu diperhatikan, signifikansi peningkatan investasi swasta harus diakui sepenuhnya. Karenanya, NDRC akan berusaha untuk menjaga proporsi investasi aset tetap swasta di antara semua investasi pada tingkat yang wajar.

Menurut data NDRC, investasi aset tetap swasta menyusut 0,2% dalam enam bulan pertama dari tahun sebelumnya. Berbeda dengan kenaikan 8,1% dalam investasi oleh entitas negara. Ini menjadi pertanda melamahnya kepercayaan sektor swasta saat ini .