Nasabah menggunakan layanan mesin CS Digital  di kantor cabang Bank BCA, Gandaria City, Jakarta, Kamis, 16 Desember 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Perbankan

Pada Periode Ramadan-Idulfitri, BCA Siapkan Uang Tunai Rp68,8 Triliun

  • Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 7% dibandingkan dengan jumlah uang tunai yang tersedia pada periode yang sama tahun sebelumnya.
Perbankan
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BCA/BBCA) telah memastikan ketersediaan uang tunai sebesar Rp68,80 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Ramadan hingga Idulfitri 2024. 

Ketersediaan ini berlaku mulai dari 25 Maret 2024 hingga 16 April 2024. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 7% dibandingkan dengan jumlah uang tunai yang tersedia pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Hal ini sejalan dengan proyeksi BCA mengenai peningkatan aktivitas konsumsi masyarakat selama bulan suci Ramadan dan perayaan Idulfitri.

Baca Juga: BCA jadi Merek Perbankan Terkuat di Dunia Versi Brand Finance

BCA juga telah memastikan bahwa kebutuhan nasabah untuk menukar uang akan terpenuhi. Di wilayah Jabodetabek, BCA menyediakan layanan penukaran uang melalui berbagai cara, termasuk:

  • 39 Kantor Cabang Utama (KCU) di Jabodetabek yang melayani selama periode 1 hingga 5 April 2024.
  • Satu mobil kas keliling yang beroperasi di area Istora Senayan selama periode 28 hingga 31 Maret 2024.
  • Pelayanan juga tersedia di Rest Area KM 57 Tol Jakarta Cikampek selama 2 hingga 5 April 2024.

Selain itu, di cabang-cabang di luar wilayah Jabodetabek, layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) akan disesuaikan dengan ketersediaan di setiap cabang.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Jahja Setiaatmadja, menyatakan harapannya bahwa kesiapan BCA dalam memenuhi kebutuhan uang tunai selama Ramadan dapat memberikan kontribusi positif dalam perputaran uang di masyarakat serta pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca Juga: Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp31,3 Triliun untuk Ramadan, Naik 10 Persen dari Proyeksi

Selain peningkatan transaksi dengan uang tunai, BCA juga memproyeksikan peningkatan jumlah transaksi melalui kanal digital BCA. Oleh karena itu, BCA memastikan nasabah dapat menikmati layanan perbankan BCA di mana pun dan kapan pun melalui aplikasi myBCA, BCA mobile, internet banking (KlikBCA), serta ATM BCA.

“Saat ini, banking from anywhere telah menjadi standar dalam layanan perbankan. Kami senantiasa berkomitmen menyediakan platform transaksi perbankan yang andal, sehingga nasabah dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman di bulan suci Ramadan tahun ini,” ujar Jahja dikutip dari pengumuman resmi BCA, Rabu, 20 Maret 2024. 

Selama masa Ramadan, BCA juga telah menyesuaikan jam operasional kantor cabang hingga pukul 14.30 waktu setempat. 

Meskipun demikian, BCA tetap siap melayani kebutuhan transaksi nasabah selama 24 jam melalui layanan digital yang tersedia di aplikasi myBCA, BCA mobile, internet banking (KlikBCA), dan jaringan ATM BCA di seluruh Indonesia.