Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyerahkan piala penghargaan ajang Anugerah Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) tahun 2023 kepada Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah.
Nasional

Padang Gondol 3 Penghargaan Ajang Pemasaran Wisata

  • Ajang tersebut diharapkan merangsang pemerintah daerah di seluruh Indonesia agar lebih kreatif dan inovatif dalam mengoptimalkan promosi kepariwisataan di daerah masing-masing.
Nasional
Rizanatul Fitri

Rizanatul Fitri

Author

JAKARTA - Kota Padang, Sumatra Barat, meraih penghargaan di tiga kategori dalam ajang Anugerah Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) tahun 2023. Padang meraih Juara 1 kategori Destinasi Wisata, Juara 2 kategori Event Daerah, dan Juara 1 kategori Kuliner.

Tak hanya itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar turut mencatatkan prestasi di ajang tersebut. Sumbar meraih dua penghargaan yakni Juara 2 untuk kategori Video Promosi Destinasi Wisata serta Juara 5 untuk kategori Video Promosi Event Pariwisata.

Penghargaan diberikan di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Jakarta, Senin 17 Juli 2023. APPI merupakan ajang unjuk kreativitas yang diprakarsai Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Ajang tersebut diharapkan merangsang pemerintah daerah di seluruh Indonesia agar lebih kreatif dan inovatif dalam mengoptimalkan promosi kepariwisataan di daerah masing-masing, baik di tingkat provinsi maupun Kabupaten/Kota. Ajang ini juga ditujukan untuk menyukseskan kampanye Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Bentuk kegiatan berupa lomba video kreatif berdurasi 1 meni. Lomba yang berlangsung total selama empat bulan ini dibagi kedalam empat kategori (destinasi, event, seni budaya, dan kuliner) masing-masing untuk tingkat Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Diketahui, saat ini sektor pariwisata menjadi salah satu sumber penghasilan negara karena banyaknya kunjungan turis yang datang baik domestik maupun mancanegara dapat menambah devisa negara. Promosi yang apik diharapkan mendongkrak kunjungan wisata sebuah daerah.

Motivasi Tambahan

Menparekraf, Sandiaga Uno, mengapresiasi para pemenang ajang tersebut. Sandi berharap ke depan pemerintah daerah dapat mengoptimalkan sumber dayanya, salah satunya dengan membentuk Tim Kreatif Pemasaran Pariwisata (TIKI PETA) yang berisikan SDM kreatif dari berbagai kalangan, baik ASN maupun Profesional seperti fotografer, konten kreator, dan lain sebagainya.

Dua penghargaan yang dimenangkan Sumbar diterima langsung Gubernur Sumatra Barat, H. Mahyeldi Ansharullah didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Luhur Budianda. Mahyeldi meminta Dinas Pariwisata tidak cepat berpuas diri dengan capaian tersebut. 

“Hasil ini harus dijadikan motivasi agar lebih inovatif dan kreatif dalam memasarkan kepariwisataan Sumatra Barat. Sehingga program dan kegiatan bisa benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan daerah,” ujarnya dikutip dari laman Pemprov Sumbar, Selasa 18 Juli 2023.