Cara Cegah Kebiasaan Boros Karena Dompet Digital
Gaya Hidup

Pakai Dompet Digital Justru Bikin Boros? Ini Cara Mencegahnya

  • Inilah cara mencegah kebiasaan boros akibat penggunaan dompet digital
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Saat ini tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan dompet digital. Dompet digital memang memudahkan Anda saat melakukan transaksi karena tidak membuat Anda repot membawa banyak uang kertas atau logam.

Tidak hanya itu, penggunaan dompet digital juga memberikan berbagai penawaran seperti cashback dan diskon sehingga membuat Anda jadi menyukai bertransaksi menggunakan dompet digital.

Meski begitu, karena Anda tidak memegang bentuk fisik dari uang, maka akan cenderung menimbulkan kebiasaan belanja yang boros karena menggunakan dompet digital.

Untuk mencegah kebiasaan boros karena menggunakan dompet digital, coba terapkan tips atau cara berikut ini.

Batasi Penggunaan

Ada baiknya jika Anda tetap membuat rencana anggaran penggunaan dompet digital sehingga Anda mengetahui batasan seberapa banyak uang yang bisa Anda keluarkan melalui dompet digital.

Ketahui Pemicunya

Kebiasaan boros akibat penggunaan dompet digital tentu bisa dipicu oleh berbagai hal. Kebiasaan tersebut dapat dipicu karena kebutuhan atau hanya keinginan dan rasa stres. Jika Anda mengetahui penyebabnya, Anda bisa menekan pemicu tersebut agar Anda tidak boros lagi.

Catat Setiap Transaksi yang Dilakukan

Penting bagi Anda untuk selalu melakukan transaksi atau pengeluaran yang telah Anda lakukan. Hal ini agar Anda mengetahui seberapa banyak pengeluaran yang telah dilakukan. 

Tahan Membeli Barang yang Tidak Penting

Ada banyak barang yang kerap ditawarkan di media sosial yang membuat Anda jadi tertarik untuk memilikinya. Namun, sebelum Anda benar-benar check out atau melakukan transaksi, sebaiknya Anda pikirkan lagi apakah barang tersebut penting bagi hidup Anda.

Itu tadi beberapa cara mencegah boros meski menggunakan dompet digital. Selamat mencoba.