Nasional

Pakai KAI Access Sudah Bisa Pesan Tiket Bus DAMRI, Cek Rutenya

  • PT Kereta Api (Persero) melakukan kerja sama dengan Perum DAMRI untuk meningkatkan pelayanan transportasi bagi masyarakat agar lebih mudah memesan tiket kereta api jarak jauh maupun bus milik Perum DAMRI melalui aplikasi KAI Access
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA -  PT Kereta Api (Persero) melakukan kerja sama dengan Perum DAMRI untuk meningkatkan pelayanan transportasi bagi masyarakat agar lebih mudah memesan tiket kereta api jarak jauh maupun bus milik Perum DAMRI melalui aplikasi KAI Access.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan inovasi ini merupakan Langkah KAI dalam membangun suatu ekosistem transportasi secara menyeluruh untuk mempermudah asksesibilitas.

“KAI terus mengembangkan aplikasi KAI Access dalam rangka transportasi digital yang saat ini sedang KAI gencarkan. Kemudian integrasi antarmoda ini merupakan bentuk peningkatan layanan dalam kemudahan memesan tiket Bus DAMRI dalam satu aplikasi,” kata Didiek dalam keterangan resmi, 2 Februari 2022.

Melalui KAI Access pengguna aplikasi bisa memesan tiket Bus DAMRI untuk menuju stasiun keberangkatan maupun dari stasiun kedatangan ke tujuan yang diinginkan. Metode pembayaran yang bisa digunakan untuk layanan antara moda KAI-DAMRI ini melalui KAIPay, e-wallet, dan QRIS.

Setelah melakukan pembayaran, pengguna akan mendapat QR Code bis DAMRI untuk selanjutnya ditunjukkan kepada petugas di loket DAMRI. Diharapkan dengan layanan first mile dan last mile menggunakan Bus DAMRI dapat membantu pelanggan KAI yang ingin melanjutkan perjalan.

Adapun rute pada tahap awal, tiket Bus DAMRI dapat dipesan dari KAI Access untuk rute Stasiun Gambir-Bandara Soekarno Hatta pulang-pergi (PP) dan Stasiun Yogyakarta-Hotel Wisata Magelang (PP).

Alasan dipilihnya rute tersebut dikarenakan rute yang banyak diminati pelanggan dan kedepannya Perum DAMRI akan terus mengembangkan rute perjalanan yang bisa dipesan melalui KAI Access.

Aga bisa menggunakan layanan add on Bus DAMRI, aplikasi KAI Access harus diperbarui ke versi 4.9.0, kemudian cara memesan tiket di aplikasi KAI Access yakni pilih tiket KA yang sudah dibeli di menu My Ticket, lalu pilih layanan, kemudian pilih menu Bus.