Karyawan memindahkan tumpukan uang rupiah di cash pooling Bank Mandiri, Jakarta, Jum'at, 21 Januari 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Perbankan

Paling Gendut, Simpanan Deposito Bank Capai Rp3.030 T

  • Data Distribusi Simpanan Bank Umum (BU), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat deposito menjadi jenis simpanan dengan nominal terbanyak pada November 2023
Perbankan
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Data Distribusi Simpanan Bank Umum (BU), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat deposito menjadi jenis simpanan dengan nominal terbanyak pada November 2023.

Sebagai informasi, jenis simpanan di bank terdiri dari tabungan, giro, deposito, deposito on call, dan sertifikat deposito.

Per November 2023, jumlah deposito bank mencapai Rp3.030 triliun. Angka tersebut mengungguli jumlah tabungan senilai Rp2.615 triliun dan giro Rp2.564 triliun.

Dengan kata lain, persentase deposito terhadap keseluruhan simpanan bank adalah 36,62%.

Sementara deposito on call berjumlah Rp59 triliun dan sertifikat depositu Rp5 triliun. Secara tahunan, sertifikat deposito menjadi jenis deposito yang paling banyak mengalami kenaikan.

Tepatnya, nominal sertifikan deposito terbang setinggi 249% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Baca Juga: Makin Kaya! Jumlah Simpanan di Bank Tembus Rp8.274 T

Secara keseluruhan, jumlah simpanan di bank bertambah 13,6% secara tahunan (year on year/ yoy) menjadi Rp8.274 triliun pada November 2023.

Angka di atas berasal dari Laporan Bank Umum Terintegrasi yang disampaikan 105 Bank Umum untuk data periode November 2023. 

“Simpanan yang disajikan dalam laporan ini meliputi dana pihak ketiga dan simpanan dari bank lain, tidak termasuk simpanan cabang luar negeri,” tulis laporan LPS, dikutip Senin 8 Januari 2024.