<p>Uji Tarik-Menarik Ford F-150 dan Tesla Cybertruck</p>
Tekno

Pamerkan Cybertruck, Tesla Siap Terjun ke Pasar Kendaraan Pick Up

  • Tesla akhirnya memproduksi truk listrik yang sudah ditunggu-tunggu.
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

TEXAS - Tesla akhirnya memproduksi truk listrik yang sudah ditunggu-tunggu, Cybertruck. Kedatangan kendaraan ini di pasar otommotif diprediksi akan mengguncang pasar truk pick-up listrik dan seluruh pasar truk tangguh lainnya.

Tak hanya sumber daya, cybertruck buatan Tesla memiliki desain menawan dan dilengkapi dengan fitur berteknologi tinggi.

Bertahun-tahun sejak pengungkapan Cybertruck pada 2019 , CEO TEsla  Elon Musk sedikit demi sedikit memberikan detail tentang truk tersebut. Pada satu kesempatan, Musk mengklaim bahwa Cybertruck akan dapat berfungsi sebentar sebagai perahu dan bisa memfungsikan kemudi dengan roda belakang.

Tidak jelas berapa banyak dari fitur yang dijanjikan ini akan mencapai produksi akhir.  Tetapi para ahli mengatakan bahwa selalu aman untuk mengatakan bahwa Tesla akan mendorong batasan pada apa yang dapat dilakukan mobil mereka.

"Ini adalah kendaraan yang bersaing dengan semua orang dan siapa pun. Jika Cybertruck membuahkan hasil seperti yang terjadi pada debutnya, itu seharusnya lebih dari cukup - semua hal lain dari teknologi dan fitur hanyalah pelengkap," ujar analis otomotif untuk situs belanja mobil Edmunds, Ivan Drury.

Awal pekan ini, Musk mengonfirmasi bahwa Cybertruck dijadwalkan akan dijual akhir tahun ini. Cybertruck tentunya akan menjadi produk Tesla yang benar-benar baru pertama dalam tiga tahun.

Bagai oasis di tengah padang pasir, Cybertruck datang pada saat Tesla dan pasar truk pikap pada umumnya sangat membutuhkan suntikan semangat dan ide-ide baru.

"Ini adalah langkah penting bagi Tesla untuk membalikkan citra yang berkembang bahwa mereka telah menjadi pembuat mobil yang sangat tradisional," kata Drury.

Sebagai catatan, dari desain basi hingga diskon dan insentif, kritikus Tesla menuduh perusahaan kehilangan kilau sebagai bisnis distruptif sejak tahun lalu.

Disamakan dengan Hummer Versi 2020-an

Cybertruck memiliki desain yang dibilang tidak pernah ada di Industri otomotif. Pick Up ini berbentuk kotak dan terkesan lebih futuristik.

Kendaraan ini dirancang untuk menarik jenis pencari status yang sangat spesifik seperti penggemar video-game, kutu buku teknologi, atau orang yang menyukai film tahun 80-an. Saat melihatnya, setiap pengemudi yang ingin menoleh ke jalan.

"Menciptakan mobil yang tampak gila untuk pembeli baru mirip dengan apa yang dilakukan Hummer untuk SUV di tahun 90-an," kata Drury.

Sekadar informasi, Hummer adalah kendaraan raksasa yang tidak praktis dengan desain mirip tank yang menjadi simbol status. Mobil tersebut mengubah segmen SUV yang sebelumnya utilitarian menjadi ruang di mana perusahaan mobil masih dapat menarik para penggemar dan pembeli yang berpikiran mewah.

"Cybertruck akan menjadi Hummer tahun 2020-an. Ini adalah mobil yang akan membuat orang menjalani mimpi baru yang aneh tentang seperti apa kendaraan mereka," kata Drury.

Pengaruhnya Terhadap Pasar Pick Up AS

Selama bertahun-tahun, pasar pick up yang menguntungkan di otomotif AS ini telah memainkan aturan ketat terkait desain, kemampuan, dan fitur. Ini dilakukan  untuk menenangkan basis pembeli yang sangat loyal.

Karenanya, analis eksekutif untuk iSeeCars,Karl Brauer mengatakan bawhwa keberadaan Tesla telah mengubah pedoman tersebut.

"Ini akan menjadi momen yang sangat mengganggu bagi segmen pasar otomotif yang biasanya sangat stabil dan konservatif. Ini akan menjadi pandangan Tesla tentang truk pikap, yang cukup untuk dirinya sendiri, dan para pesaing harus sangat mewaspadai hal itu,"kata Brauer.

Ia menambahkan, pada saat yang sama Tesla kemungkinan akan menciptakan pembeli truk yang sama sekali baru. Keberadaan Cybertruck akan menarik penggemar fanatik Tesla yang belum pernah memiliki truk pick-up sebelumnya.

Tak hanya itu, Cybertruck juga akan menarik perhatian pembeli yang ingin tampil beda dengan memiliki truck berdesain unik.